HUKUMAN ALLAH DAN PENGHARAPAN

HUKUMAN ALLAH DAN PENGHARAPAN
Kej. 3: 14-19; Rom 5:12

PENDAHULUAN
Siapakah yang pernah punya pengalaman menjadi terdakwa di pengadilan ?

PARA TERDAKWA
Kejadian 3:14-19 membawa kita kepada pengadilan Allah. Tuhan Allah membawa para terdakwa ke pengadilan Allah. Adapun yang menjadi terdakwa adalah ular, Hawa dan Adam. Apa kesalahan mereka?

HUKUMAN ATAS ULAR (KEJADIAN 3:14-15)
Dua macam hukuman untuk ular – berjalan dengan perut dan makan debu – sebaiknya dimengerti sebagai sebuah kesatuan. Keduanya menggambarkan kehinaan dan kekalahan.

HUKUMAN ATAS HAWA (KEJADIAN 3:16)
1.Hukuman untuk perempuan terdiri dari dua bagian: kesakitan pada waktu melahirkan (3:16a) dan dikuasai oleh suaminya (3:16b).
2.Terjadi permusuhan terus menerus antara Hawa mewakili manusia dan si ular, simbol iblis. Keturunan perempuan akan meremukkan kepala ular, sedangkan ular hanya mampu meremukkan tumitnya. Ini merujuk kepada Yesus yang akan menghancurkan si iblis di kayu salib.

HUKUMAN ATAS ADAM ( KEJADIAN 3:17-19 )
Perempuan dengan susah payah melahirkan dan Laki laki dengan susah payah mencari nafkah.
Hukuman terakhir untuk Adam berhubungan dengan kematian.

PENUTUP
1.Roma 5:12 juga menyatakan kepada kita bahwa melalui Adam dosa telah masuk ke dalam dunia dan kematian diteruskan kepada semua manusia karena semua orang telah berbuat dosa.
2. Keturunan perempuan yaitu Kristus akan menghancurkan kepala ular (3:15) , Dia adalah Kristus yang akan memulihkan segalanya. Penebusan Kristus berkaitan bukan saja dengan keselamatan manusia tetapi juga dengan pemulihan seluruh tatanan alam semesta (Rom 8:19-22).