MAHANAIM BEKAL MENGATASI RASA TAKUT

MAHANAIM BEKAL MENGATASI RASA TAKUT

Kej. 32:1-21

Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah dengan dia.
Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: “Ini bala tentara Allah.” Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim. (Kej.31:1,2)

 

PENDAHULUAN

Harian online The Conversation menurunkan tulisan dengan Judul  Memahami psikologi di balik takut dan benci dan cara mengatasinya: Pelajaran dari serangan di Selandia Baru  terbitan 19 Maret 2019.

 

SILIH BERGANTI

1.Dari orang orang suruhan Yakub mereka memberi laporan bahwa Esau kakaknya sedang mendatangi kearah Yakub. Yakub menjadi tidak nyaman, rasa cemas ,takut menyelinap, dan dengan  berjalannya waktu rasa takut ini tidak hilang tetapi semakin menjadi jadi.

2.Pada saat ini  apakah anda  para pendengar mempunyai rasa takut? Persoalannya mungkin tidak sama dengan Yakub

 

MAHANAIM.

1.. Di Kerjadian 32: 1 Tuhan Allah memberi pengalaman supra natural kepada Yakub dimana ia melihat akan pasukan malaikat Tuhan. Ini pengalaman yang luar biasa yang mau memberi pesan kepada Yakub bahwa pasukan malaikat menyertai perjalanan Yakub.

2.Apakah pengawalan malaikat ini hanya berlaku untuk Yakub? Tidak demikian.

 

TINDAKAN YAKUB

1.Yakub membawa ketakutannya  dalam doa.

2.Yakub mempraktekkan ora et labora, dia berdoa dan bekerja. Apa yang dikerjakannya? Mengirimkan kepada Esau ternak binatang hidup yang jumlahnya banyak sekali.

 

PENUTUP

1.Kepada kita seperti kepada Yakub kita telah dibekali dengan Mahanaim- ada dua kubu, satu kubu malaikat yang menjaga dan kubu lain adalah keluarga kita yang dijaga oleh malaikat Tuhan.    Ingat pula akan Maz 34:8 yang berbunyi: “Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka”.

 

2.Akhirnya agar hidup kita lebih ringan maka Tuhan melengkapi dengan nyanyian dibawah ini:  Bila takut membayang.   Dan hatiku bimbang.  Pandang trus pada Tuhan dstnya,

 

 

Leave a Comment