TEGURAN BAPA KEPADA ANAK

TEGURAN BAPA KEPADA ANAK.

1 Kor.4:6-21

PENDAHULUAN  

Kapal mewah Titanik yang tenggelam

KESOMBONGAN ANGGOTA JEMAAT

1.Sikap sombong dimiliki  juga oleh anggota jemaat Korintus sebagaimana yang kita baca dalam bacaan kita di 1 Kor.4:6-21, akan  hikmat mereka, akan karunia karunia rohani yang mereka miliki dan pemimpin pemimpin yang pandai berpidato.

2.Terhadap jemaat Korintus yang sombong dan juga jemaat masa kini yang sombong, rasul Paulus memberi tegurannya yang dapat kita baca dalam 1 Kor.  4:7 .

PENGALAMAN RASUL

1.Rasul Paulus kemudian membagikan pengalaman hidupnya. Secara hikmat duniawi tidak ada yang dapat dibanggakan atau disombongkan. Sebaliknya menurut hikmat duniawi , hidup para rasul adalah sesuatu yang penuh penderitaan , penghinaan  dan secara duniawi dipandang rendah dan tidak ada nilainya.  Namun demikian para rasul meresponi semua itu sesuai dengan nilai nilai yang Kristus ajarkan sehingga dihadapan Tuhan bernilai tinggi.

2.Rasul mau menyampaikan pesan secara tidak langsung, bahwa kalian menjadi orang Kristen, orang yang diselamatkan dalam Kristus, itu semua karena perjuangan dan penderitaan dari kami para rasul.

3.Orientasi hidup yang berbeda antara rasul dan anggota jemaat Korintus. Rasul focus kepada Kristus dan pekerjaannya, sedangkan anggota jemaat focus kepada diri sendiri dan segala kepentingannya.

PENUTUP

Rasul tidak berhenti pada teguran, tetapi memberikan nasehat nya juga.  Rasul mengakhiri tegurannya dengan nasehat :”IKuti Teladanku”.

 

 

 

Leave a Comment