TINGGIKAN DAN AGUNGKAN TUHAN ALLAH!

TINGGIKAN DAN AGUNGKAN TUHAN Allah !
(My Soul Magnifies the Lord)
Luk.1:46-55; Yes.25:1

PENDAHULUAN-
Bacaan kita memperhadapkan kepada kita apa yang disebut nyanyian Maria.

YANG RENDAH DITINGGIKAN
1.Nyanyian Maria diberi judul Magnifiat. Kalau diterjemahkan secara bebas:” sungguh besar”, “sungguh luar biasa”. Tidak lain itu dialamatkan kepada Tuhan Allah. Tuhan Allah yang sungguh besar. Tuhan Allah sungguh luar biasa. Pernyataan ini lahir dari Maria sebagai respons Maria akan karya Allah dalam diriNya.

2.Ini adalah berita penghiburan Alkitab bahwa Allah memilih dan meninggikan orang yang rendah.

YANG TINGGI DIRENDAHKAN
Dalam nyanyiannya Maria juga menyinggung kebenaran lain mengenai diri Tuhan Allah. Dikatakan bahwa Tuhan Allah merendahkan mereka yang tinggi. Kisah Raja Babel di Perjanjian Lama menyungguhkan ini. Baca Daniel 4:28-34

BESARKAN ALLAH (MAGNIFY THE LORD)
Kembali kepada nyanyian Maria maka unsur dominan yang menonjol adalah ungkapan dan ajakan Maria agar kita membesarkan Allah. Bahasa Inggrisnya Magnify the Lord.

PENUTUP
Kita terpanggil untuk membesarkan dan mengagungkan Allah. Allah yang mana? Allah yang telah meninggikan kita didalam Yesus Kristus. Allah yang telah meninggikan mereka yang rendah dan Allah yang telah merendahkan mereka yang meninggikan diri. Maria dengan segala kerendahan hati telah mendendangkan lagu yang meninggikan Tuhan Allah. Dipersatukan dengan nyanyian Maria mari kita terus membesarkan dan mengagungkan Tuhan Allah dalam kata dan perbuatan. Amin.