TRANSFROMASI DAN REFORMASI

TRANFORMASI DAN REFORMASI
II Timotius 3:10-17

PENDAHULUAN
Reformasi gereja sudah terjadi lima ratus tahun yang lalu. Pada hari peringatan Hari Reformasi Gereja rasul Paulus memberikan nasehatnya kepada kita sekalian

KONTEKS SITUASI
Dari II Tim.2:14-26
Pengajar sesat pada waktu itu adalah Golongan Yudais menekankan hukum hukum yang harus dipatuhi. Golongan Gnostik menekankan pengetahuan yang dalam dalam sehingga injil yang sederhana dibuat menjadi ruwet, sehingga hanya orang “pandai” saja yang dapat mengertinya.

BERPEGANG PADA FIRMAN
1.Dengan mengingat konteks situasi tadi rasul Paulus mengajak Timotius untuk lebih mempelajari, mendalami, mengartikan dan berpegang pada kebenaran Firman sebagaimana telah diajarkan kepadanya.
2. Pentingnya dan keutamaan Firman Tuhan:
2.1.Menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus.
2.2.Untuk menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran

MENGGESER SENTRALITAS ALKITAB
Kaum liberal menggantikan pelajaran Firman dengan bacaan
puisi dan surat kabar; sedangkan golongan lain porsi Firman hanya diberi tempat yang kecil saja sedangkan tanda tanda ajaib mendapatkan tempat utama.

PENUTUP
Mengingat Firman Tuhan dapat membawa transformasi dan reformasi baiklah kita sebagai anggota jemaat memberikan waktu secara teratur untuk mendalami Firman Tuhan sehingga hidup kita terus direformasi dan hidup kita menjadi saksi yang mempermuliakan Tuhan.