PREMILENIALISME


PREMINELIALISME DISPENSASI
WAHYU 20:1-6

1.Sekarang kita tiba pada ajaran Kerajaan Seribu Tahun tafsiran ketiga yang disebut Premilenialisme Dispensasi.
Pokok-pokok penting ajarannya : • Perjanjian Lama berisi banyak janji mengenai kerajaan Allah di bumi pada masa yang akan datang, yang melibatkan Israel sebgai umat Perjanjian-Nya yang mula-mula.
Karena belum satu pun dari janji-janji ini terpenuhi, maka kaum Dispensasionalis mengharapkan bagian Alkitab ini akan dipenuhi selama pemerintahan 1000 tahun Kristus.

2.Ketika Kristus ada di bumi, Ia menawarkan kerajaan surga kepada orang-orang Yahudi pada masa-Nya. Orang-orang Yahudi pada masa itu ternyata telah menolak kerajaan tersebut. Karenanya pendirian kerajaan tersebut ditunda sampai masa milenium. • Kristus sekarang mendahului mendirikan gereja. Tujuan gereja adalah untuk mengumpulkan orang-orang percaya, terutama mereka yang bukan Yahudi tetapi secara inklusif termasuk orang-orang Yahudi, sebagai tubuh Kristus. Maka Dispensasionalisme membedakan secara tegas antara Israel dan gereja. •

3.Kedatangan kembali Kristus akan terjadi dalam 2 fase. Fase pertama adalah yang disebut pengangkatan, yang dapat terjadi setiap saat. Pada fase pengangkatan ini, terjadilah kebangkitan semua orang percaya termasuk orang-orang kudus dalam Perjanjian Lama dan orang-orang percaya yang masih hidup tiba-tiba diubah dan dimuliakan. Orang-orang percaya yang akan dibangkitkan dan yang diubahkan terangkat ke awan-awan untuk bertemu di udara dengan Kristus yang turun dari surga. Tubuh orang-orang percaya ini, yang disebut gereja, sekarang naik ke surga bersama Kristus untuk merayakan pesta perkawinan anak domba yang berlangsung selama 7 tahun.

4.Selama periode 7 tahun ini, sementara gereja tetap di surga, sejumlah kejadian akan terjadi di bumi : penganiayaan yang besar (Daniel 9:27), Antikristus, penghakiman yang mengerikan atas penghuni dunia ini, sisa Israel akan bertobat dan mengakui Yesus sebagai Mesias, sisa Israel ini akan mulai memberitakan Injil Kerajaan, melalui kesaksian sisa Israel sejumlah besar orang kafir akan menjadi percaya (Wahyu 7:9), raja-raja di bumi dan angkatan perang binatang dan nabi-nabi palsu sekarang berkumpul untuk menyerang umat Allah dalam perang Armageddon. • Pada akhir periode 7 tahun, Kristus kembali ke bumi dalam kemuliaan, bersama dengan gerejaNya.

5.Beberapa kejadian akan terjadi saat ini.
5.1.Kristus akan menghancurkan musuh-musuh-Nya, dan dengan demikian mengakhiri perang Armageddon. Si jahat akan diikat, dan dimeteraikan di sana untuk 1000 tahun, periode ini dimengerti secara harafiah. Bangsa Israel akan dikumpulkan kembali di Palestina.

5.2.Kemudian ada pengadilan orang-orang kafir (Matius 25:31-46), dan setelah itu ada pengadilan atas Israel (Yehezkiel 20:33-38). Orang-orang kafir yang telah memperlakukan saudara-saudara Kristus dengan baik (orang-orang Yahudi ataupun orang-orang yang percaya) dan orang-orang Israel yang telah bertobat akan memasuki pemerintahan milenium dan menikmati berkat-berkat-Nya.

6. Kerajaan 1000 tahun sekarang didirikan. Kristus memerintah dari tahta Yerusalem dengan orang orang Yahudi sebagai pimpinan yang berwenang. Tak seorangpun dari mereka yang adalah orang-orang percaya yang dibangkitkan1 . Warga Kerajaan 1000 tahun ini adalah manusia-manusia sebagaimana biasanya. Mereka akan kawin dan melahirkan dan kebanyakan dari mereka akan mati sebelum milenium berakhir. Milenium ini akan menjadi jaman keemasan, masa penuh kemakmuran, produktivitas dan perdamaian. Bumi akan penuh dengan kemuliaan Allah seperti air menutup lautan. Ibadah akan terpusat di sekitar Bait Allah yang dibangun lagi di Yerusalem dan hewan-hewan korban akan menjadi persembahan peringatan untuk mengenang kematian Kristus bagi manusia.

7. Mendekati akhir milenium, setan akan dilepaskan. Ia akan mengumpulkan orang-orang percaya yang tidak lahir baru, dan akan menyerang “perkemahan orang -orang kudus.” Kristus akan menghancurkan pemberontakkan yang terakhir ini dan melemparkan setan ke dalam lautan api.

8. Sebelum akhir milenium, semua orang-orang percaya yang telah mati pada masa milenium akan dibangkitkan. • Setelah milenium, semua orang yang tidak percaya akan dibangkitkan, dihakimi di hadapan tahta putih yang besar dan dibuang ke lautan api (kematian kedua). Yerusalem surgawi, tempat kediaman orang-orang kudus yang diangkat sebelum penganiayaan, akan turun ke bumi. Allah dan umat-Nya sekarang tinggal bersama dalam keadaan yang sempurna dan kekal, tetap

Bacaan Pendalaman:
http://jakarta-city-care.synthasite.com/resources/4_Millenium.pdf