PROF JOSAPHAT TETUKO SRI SUMANTYO, Ph.D

PROF.JOSAPHAT TETUKO SRI SUMANTYO, Ph.D

https://id.wikipedia.org/wiki/Josaphat_Tetuko_Sri_Sumantyo

Berasal dari keluarga sederhana, ayahnya adalah seroang Tentara Auri . Secara ekonomis hidup dengan gaji tentara sangat  pas pasan  sehingga di masa kecil ia harus membantu orang tuanya  dalam mencari uang.

Moral kisah ini: keluarga sederhana bukan halangan untuk mencapai sukses, asal mau sungguh sungguh sekolah , berjuang dengan tekun tanpa kenal putus asa dan tentunya dengan berkat Tuhan.

1.Prof. Josaphat ‘Josh’ Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D. (lahir di BandungJawa Barat25 Juni 1970; umur 49 tahun) yang saat ini menjabat Full Professor (permanent staff) di Center for Environmental Remote Sensing, Universitas ChibaJepang dan sebagai profesor/dosen tamu di berbagai universitas , adalah salah satu pemegang paten antena mikrostrip (antena berbentuk cakram berdiameter 12 sentimeter dan tebal 1,6 milimeter) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan satelit . Penemu circularly polarized synthetic aperture untuk pesawat tanpa awak  dan small satellte , serta radar peramal cuaca 3 dimensi . Ia beristrikan Innes Indreswari Soekanto (seorang dosen di Institut Teknologi Bandung) dan mereka memiliki seorang anak, yaitu Johannes ‘MD’ Pandhito Panji Herdento

2.Ia mulai mengenyam pendidikan formal di TK Islam Aisyah Kandang Menjangan Kartasura, SDN IV Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah (1977-1983). Kemudian dilanjutkan ke SMPN 1 Kartasura (1983-1986), Sukoharjo, dan SMA Negeri 1 Surakarta atau Solo, Margoyudan  (1986-1989), Solo dengan Jurusan Fisika (A1). Selanjutnya Josh Sri Sumantyo memperoleh gelar B.Eng dan M.Eng dalam bidang rekayasa komputer dan kelistrikan di Universitas KanazawaJepang pada tahun 1995 dan 1997 dengan beasiswa Science and Technology Manpower Development Program (STMDP) II atau (beasiswa pada zaman Menristek Habibie) untuk S-1 dan Rotary International Scholarship Foundation untuk S-2, berturut-turut (Subsurface Radar Systems) dan gelar Ph.D. dalam bidang Sains Sistem Artifisial (Applied Radio Wave and Radar Systems: Satellite onboard Synthetic Aperture Radar) dari Graduate School of Science and Technology, Universitas Chiba, Jepang pada tahun 2002 dengan beasiswa dari Okamoto International Scholarship Foundation, Satoh International Scholarship Foundation dan Atsumi International Scholarship Foundation untuk menyelesaikan studi S-3 atau Doktoral.

Diwawancarai di acara Kick Andy

KICK ANDY – ANAK KOLONG MENGGAPAI DUNIA #1 (JOSHAPAT TETUKO)