PUTUSAN PENGADILAN

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 12 -SIDANG PENGADILAN DMITRI

 

02.PUTUSAN PENGADILAN

1.Katerina bersaksi lagi, entah kenapa kini ia  mengubah sikapnya terhadap Dmitri, dan menunjukkan surat  Dmitr kepada pengadilan yang menyatakan bahwa ia akan membunuh Fyodor demi uang. Pengadilan bertanya mengapa dia menyembunyikan bukti ini, dan dia menjawab bahwa dia telah berusaha menyelamatkan Dmitri demi cintanya dengan cara apa pun, tetapi perselingkuhan dan kurangnya penghargaan terhadap dirinya  akhirnya  dia tidak tahan lagi dan merasa dia harus memberi tahu kebenaran. Grushenka naik pitam dan  marah dan serta menghina Katerina karena kepalsuannya, dan ruang sidang meledak menjadi hiruk pikuk.

2.Jaksa membuat konklusi. Dia sungguh-sungguh percaya bahwa Dmitri bersalah dan telah berbuat kejahatan  tercela itu.. Dia berbicara tentang moral orang-orang Rusia yang menurun, di antara banyak di antaranya kehormatan diganti dengan rasionalisasi i yang kotor. Dia menyerang Fyodor karena nafsu kedagingannya  yang menjadi jadi  dan keserakahannya yang egois. Dia mengatakan bahwa tindakan lelaki tua itu pasti membuat seorang putra menjadi pahit dan marah. Jaksa menganalisa setiap saudara Karamazov, menyimpulkan bahwa Dmitri lah yang menjadi  terdakwa. Dia mengatakan bahwa Dmitri sangat bersemangat dan putus asa, yang merupakan dua ciri seorang pembunuh. Dia menambahkan bahwa Smerdyakov tidak memiliki kualitas ini, Juga, dia menunjukkan bahwa Smerdyakov mengalami kejang pada malam pembunuhan itu. Bukti paling memberatkan terhadap Dmitri adalah surat yang ditunjukkan Katerina kepada pengadilan. Dia meminta juri untuk menghukum Dmitri karena pembunuhan.

 

3.Pengacara Dmitri agaknya seorang orator  selebritas, dan ruang sidang bersemangat mendengar orasinya. Dia berbicara dengan tepat dan hangat, menuduh jaksa penuntut dengan “kejahatan” dan berbicara dengan kesedihan yang sensitif. Dia mulai dengan menetapkan untuk membuktikan mengapa semua bukti terhadap Dmitri dipertanyakan. Dia membuat serangan pada pandangan jaksa dengan kesimpulan psikologisnya, menunjukkan bagaimana psikologi adalah “pisau yang memotong dua arah.” Dia menjelaskan bagaimana psikologi dapat dengan mudah membuktikan bahwa Dmitri adalah orang yang simpatik, impulsif atau dingin, menghitung iblis. Oleh karena itu, bukti psikologis dipertanyakan dan tidak dapat diandalkan.

4.Selain itu, ia menambahkan, bukti lain tidak masuk akal. Misalnya, tidak ada bukti bahwa Fyodor memiliki 3.000 rubel untuk dicuri Dmitri.  Pengacara pembela selanjutnya menjelaskan bagaimana Fyodor adalah seorang ayah yang mengerikan, mengabaikan, mengabaikan, dan melecehkan bocah itu. Dmitri adalah pemuda yang salah kaprah yang pada dasarnya tumbuh tanpa ayah. Selain itu, kesalahan Smerdyakov dipertanyakan lagi. Akhirnya, pengacara berpendapat bahwa penjara adalah untuk reformasi, bukan hukuman, tetapi menghukum Dmitri sebenarnya akan merusak peluangnya untuk reformasi. Ketika dia selesai, ruang sidang meledak dengan tepuk tangan.

5.Setelah istirahat  singkat, para juri kembali dan menyatakan bahwa Dmitri dinyatakan bersalah. Selama hiruk pikuk ruang sidang, Dmitri berteriak bahwa dia tidak bersalah, bahwa dia memaafkan Katerina, dan bahwa dia berharap keluarganya akan mengurus Grushenka. Dia dibawa keluar dari ruang sidang.

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-12

https://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Dmitri menerima vonis yang tidak adil dan tidak benar yang menyatakan bahwa dia adalah pembunuh Fyodor ayahnya sendiri. Dengan berteriak ia mengatakan bahwa ia tidak bersalah dan juga menyatakan ia memaafkan Katerina yang telah membuat kesaksian yang mencelakakan dirinya.

.Disini kita melihat ada perbuahan dalam diri Dmitri, di tidak mendendam dan mencaci maki Katerina , tretapi  memaafkannya.

2.Pengadilan dunia dapat saja membuat putusan yang salah. Pernahkah anda mempunyai pengalaman seperti itu.? Kalau anda mengalami perlakuan tidak adil tadi, bagaimana anda hendak berSikap?

Leave a Comment