R R I

R R I

Kejadian 37:1-11; Lukas 6:27,28

6:27 “Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu , berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;   6:28mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.  ( Luk.6:27,28)

PENDAHULUAN

Kejadian 36 memaparkan kisah Esau dan keturunannya dengan menyebutkan banyak nama nama. Pada Kejadian 37 sampai Kejadian 50  menceritakan keluarga Yakub dengan berfokus disekitar satu nama yaitu Yusuf , anak Yakub dari Rahel.

Apa masalah pokok permasalahan  dalam bacaan kali ini ?

 YUSUF DIBERI KEISTIMEWAAN

1.Permasalahan pertama adalah Yusuf diberi keistimewaan. Kejadian  37:3 mengatakan : Israel  yaitu Yakub lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya  yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya;  dan ia menyuruh membuat jubah  yang maha indah   bagi dia.

2.Mengingat akibat akibat negatif yang mungkin ditimbulkan baiklah para orang tua sebaiknya memperlakukan setiap anak dengan sama.

 MIMPI YUSUF

1.Pemasalahan kedua adalah mimpi Yusuf. Dua kali ia bermimpi dan diceritakan kepada kakak kakaknya dan ayahnya. Reaksi negative dari kakak kakaknya dengan tuduhan bahwa Yusuf ingin meninggikan diri diatas kakak kakaknya bahkan ayah ibunya.

2.Mimpi Yusuf apakah sekedar buah tidur atau pemberian Tuhan Allah?

KEBENCIAN

1.Permasalahan ketiga yang dimunculkan dalam bacaan kita ialah kebencian kakak kakak Yusuf terhadap Yusuf.

2.Apakah kebencian ? Ada alasan yang jelas orang membenci tetapi juga kadang kadang tidak tahu apa alasannya.

3..Bagaimana penilaian alkitab terhadap kebencian?

 PENUTUP

Kotbah kali ini diberi judul RRI. Ini bukan singkatan dari Radio Republik Indonesia, tetapi singkatan dari Reaksi, Respons dan Inisiatif.

Leave a Comment