RANGKUMAN SURAT 1 PETRUS

KUNCI KER SORGA

RANGKUMAN SURAT 1 PETRUS
1. Rasul mulai menjelaskan kedudukan orang Kristen sebagai pendatang atau perantau didunia ini (1 Pet 1:1, 17). Lalu ia menjelaskan relasi antara penderitaan dan keselamatan : penderitaan masa kini membuktikan kemurnian iman sehingga sukacita dan kemuliaan akan datang kelak. .
Oleh karenanya orang Kristen harus hidup kudus karena mereka adalah orang orang yang telah dipisahkan dan dikhusukan hidup untuk Allah (I Pet 1:14) dan dalam kehidupan bersama mereka diperintahkan untuk saling mengasihi dan merindukan akan Firman Tuhan

2. Orang Kristen hidup dalam suatu komunitas : Rumah rohani, bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus ,dan umat kepunyaan Allah sendiri. ( I Pet.2:5,9). Mengingat akan status mereka sebagai anggota komunitas tadi mereka harus menunjukkan suatu hidup yang sesuai agar para penindasnya juga melihat itu dapat memuliakan Allah. Dalam kehidupannya mereka diajar untuk tunduk kepada penguasa, saling menghargai satu sama lain, menghormati pasanga nmereka dan menampilkan kebaikan walaupun mereka hidup dalam penderitaan .

3. Teladan sempurna dari yang menderita dan tetap memuliakan Allah siapa lagi kalua bukan Yesus Kristus. Oleh karena nya maka orang Kristen harus hidup sesuai dengan kehendak Allah dan mempergunakan karunia karunia rohani untuk melayani satu sama lain dan untuk kemuliaan Allah.

4.Rasul mendalami lagi pokok mengenai penderitaan. Pederitaan menguji kita. Melaluinya kita menyamakan diri dengan Kristus. Penderitaan tidak memberikan alasan untuk kita berbuat dosa. Dalam penderitaan orang Kristen tetap diperintahkan untuk melakukan apa yang benar.(1 Pet.4:19).Mengingat itu maka para pemimpin gereja harus memberi teladan yang baik dan semua orang Kristen diajak untuk merendahkan diri dihadapan Alllah dengan menatap kedepan menantikan kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali.

Disamping penderitaan yang sedang dialami , bagi Peterus penderitaan adalah sesuatu masih akan datang lagi dimasa depan. Kita adalah kaum pendatang dan perantau didunia ini dan janganlah mengharapkan perlakukan istimewa sampai kepada kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya yang akan mengambil alih kekuasaan untuk selama-lamanya. (1 Pet 5:10–11).
AYAT MAS DARI SURAT 1 Petrus
Tetapi jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus. (I Pet.4:16)

THANK YOU

Leave a Comment