RENCANA ALLAH TIDAK PERNAH GAGAL

JOSHUA
RENCANA ALLAH TIDAK PERNAH GAGAL.
Sesudah Musa hamba Tuhan itu mati , berfirmanlah Tuhan kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: (YOSUA 1:1)

Kematian Musa, pemimpin dan pemberi hukum Israel yang terkemuka serta hamba Tuhan yang setia dicatat. Orang Israel masih berkemah di bagian timur Sungai Yordan. Sejarah yang dimulai Allah kini dilanjutkan.

Yos 1:1 – Sesudah Musa… mati
Hukuman jang dikenakan pada Musa ialah, bahwasanya ia sendiri tidak boleh memimpin bangsanya masuk kedalam negeri yang telah dijanjikan Allah kepada nenek-mojangnya.
Sesudah Musa mati ………Dengan keterangan ini kitab Yosua diperkenalkan sebagai lanjutan kitab Ulangan. Dan memang dengan gaya bahasa Ulangan dan dengan berlatar belakang pikiran yang sama kitab Yosua menceritakan bagaimana umat Israel memasuki negeri Kanaan, lalu menetap di situ.

Yos 1:1 – Berfirmanlah Tuhan kepada Yosua .
1. Berfirmanlah Tuhan kepada Yosua . . . abdi Musa (bdg. Kel. 24:13; Bil. 27:18-23; Ul. 1:38; 31:23). Walaupun Musa, yang telah dibantunya sebagai wakil utama, sebelumnya sudah memberinya suatu tugas, kini Allah berbicara langsung kepadanya untuk mengambil alih kepemimpinan atas bangsa Israel.
Sekalipun mungkin bukan “berhadap-hadapan” (Bil. 12:8). Penyataan ini pastilah disampaikan segera sesudah Musa wafat agar pemerintahan teokratis Allah dapat berkesinambungan. Tuhan memberikan empat tugas khusus kepada Yosua: (1) menyeberang Sungai Yordan; (2) jadilah kuat … ; (3) jadikan bangsa ini memperoleh warisan mereka; (4) jaga agar bertindak sesuai dengan seluruh hukum Allah.
Nama Yosua artinya “Tuhan menyelamatkan” (atau “Tuhan adalah keselamatan”); bentuk Yunaninya ialah “Yesus” ( Mat 1:21]
USIA YOSUA. .Yos 14:10b mengatakan bahwa saat itu Kaleb berusia 85 tahun. Sedangkan Kaleb dan Yosua sama-sama menjadi pengintai dalam Bil 13, sehingga mungkin sekali usia mereka kira-kira sama.

Yos 1:1 – abdi Musa
Ibraninya: mesyaret Mosye. Ini (meyaret) gelar yang lazimnya diberikan kepada Yosua, bdk Kel 24:13; 33:11; Bil 11:28. Gelar ini lebih halus dari pada “hamba” (budak: Ibraninya: ebed; hanya gelar hamba Tuhan adalah gelar kehormatan). Gelar “abdi” tsb dipakai juga sehubungan dengan pegawai raja dan isi istana, bdk 1Ta 27:1, atau sehubungan dengan para petugas ibadat. mengenai nama Yosua, peranannya dalam mengintai negeri Kanaan, kesetiaannya dan pengangkatannya menjadi pengganti Musa, bdkKel 17:9; 24:13; 33:11; Bil 11:28; 13:8; 16:14; 6 dst, Bil 16:30, 38; 27:15-23; Ula 3:21,28; 31:7-8,14,23; 34:9.

Rencana Allah Tidak Pernah Gagal
Dalam pengalaman nyata, sering timbul kesan bahwa rencana Allah dalam hidup kita dapat tidak terwujud oleh berbagai rintangan, yang membuat kita putus asa.

Sesungguhnya tidak ada hal apa pun yang bisa menghalangi rencana Allah. Musa pemimpin besar bangsa Israel mati. Rencana Allah dengan bangsa Israel masih harus dilanjutkan. Dia yang Maha Kuasa dan berdaulat penuh bisa memakai siapa saja untuk menggenapi rencana-Nya itu. Yosua pun bisa dipakai-Nya.

Situasi dan kesulitan apa pun tidak boleh membuat anda dan saya ber putus asa karena rencana Allah tidak pernah bisa digagalkan! Apa rencana Allah bagi anda? Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firma Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

THANK YOU

Leave a Comment