SEGENAP KELUARGA TAAT KEPADA TUHAN.

BURNING  BUSH

SEGENAP KELUARGA TAAT KEPADA TUHAN.
Kel 3:1-4:31
Panggilan dan Penugasan Musa (3:1-4:31).
Ketika berusaha untuk menebus Israel dengan caranya sendiri dan pada waktu yang ditentukannya sendiri. Musa gagal. Namun pada waktu yang ditentukan Allah, dia dipanggil untuk menebus bangsa itu menurut cara Allah dan dengan kuasa Allah.

Kel 4:18-31- SEGENAP KELUARGA TAAT KEPADA TUHAN.

Seseorang yang mau dipakai Tuhan sebagai alat-Nya, harus menampakkan kesediaan dan hidup taat kepada Tuhan. Ia harus menyesuaikan diri dengan panggilan kudus tersebut. Tanpa ketaatan dan kekudusan tak seorang pun layak dipakai Tuhan.

Akhirnya, Musa taat pada pengutusan Allah. Dia memutuskan kembali ke Mesir. Suatu keputusan yang tidak mudah, namun dengan jaminan Tuhan Musa pulang (ayat 4:19). Atas izin mertuanya, Yitro ia membawa keluarganya pulang ke Mesir (ayat 18). Musa harus mempersiapkan umat Israel untuk keluar dari Mesir dengan menyatakan firman-Nya disertai tanda-tanda mukjizat (ayat 28-31). Kemudian Musa harus menghadap Firaun untuk pembebasan umat Israel. Tanda mukjizat pun akan menyertai Musa, baik yang sudah diberikan Tuhan sebelumnya maupun mujizat mujizat lain yang akan dinyatakan Tuhan .Dengan cara demikian kuasa Tuhan didemonstrasikan di hadapan orang yang menolak taat.

Mengapa tiba-tiba Tuhan mau membunuh Musa? Musa melalaikan sunat sebagai tanda perjanjian Abraham. Sunat merupakan tanda seseorang adalah umat perjanjian (lihat Kej. 17:9-14). Musa tentu sudah disunat, namun rupanya anaknya belum. Musa sebagai orang tua yang beriman bertangung jawab menyunatkan anaknya. Artinya, komitmen Musa untuk melayani Tuhan harus disertai dengan komitmen taat kepada Tuhan mewujudkan hidup kudus baik dirinya maupun keluarganya.

Sunat dapat dibandingkan dengan baptisan kudus. Seseorang memberi diri dibaptis sebagai pengakuan diri sudah menjadi anak Tuhan. Sampai sejauh mana anda anda sebagai orang tua sudah menyerahkan anak anak saudara menjadi milik Tuhan? Atau mau membiarkan anak anak mengambil keputusannys seendiri setelah mereka dewasa?

Lain dari tanda baptisan maka dari kita sebagai orang Kristen dituntut untuk menampakkan kehidupan dengan buah-buah pertobatan. Bagi setiap kita sebagai pengikut Tuhan adalah hamba hamba Tuhan. Pelayanan Anda dimulai dengan hidup kudus yang nyata di hadapan orang lain.

BACAAN KELUARAN
Kel 5:1-23
Musa berselisih dengan Firaun
Kel 6:1-8
Musa diyakinkan kembali oleh Allah
Kel 6:9-13
Panggilan Allah kepada Musa diperbarui
Kel 6:14-27
Data nenek moyang Musa

DISKUSI
1.Pengalaman Musa dalam perjumpaan dengan Tuhan Allah. Di Keluaran 3 – bertemu Tuhan di belukar duri yang menyala. Disini di Keluaran 4 -bertemu Tuhan yang mau membunuh Musa.
Apakah saudara mempunyai pengalaman pengalaman khusus selama mengikut Tuhan ? Mau kah anda membagikannya?

2.Pendidikan anak anak dalam keluarga. Sudahkah kita memberi ajaran megenai Tuhan kepada anak anak kita? (Ulangan 6:7) Atau cukup kita membawanya kesekolah minggu? Sudahkah kita juga memberi contoh hidup taat kepada Tuhan?? Bagi anggota gereja yang membaptiskan anak sudahkah anda membaptiskannya? Bagi anggota gereja yang mempersembahkan anaknya sudahkah anda melakukannya.? Lebih penting lagi setelah itu. Pendidikan iman Kristiani sehingga ketika dewasa menjadi orang Kristen yang beriman dan mengabdi kepada Tuhan Yesus.

THANK YOU

Leave a Comment