SEKALI SELAMAT TETAP SELAMAT

SEKALI SELAMAT TETAP SELAMAT
Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula , mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara

1.Beberapa waktu yang lalu kita mengangkat pertanyaan diskusi berbunyi Dapatkah Seseorang Kehilangan Keselamatannya? Jawabnya Cuma dua:
1.1.Orang dapat hilang keselamatannya kalau mereka tidak menjaganya sesuai petunjuk Alkitab. Masih menurut pendapat ini bukankah Alkitab disana sini memberi peringatan untuk mengerjakan keselamatannya? Mengerjakan keselamatan disini diartikan melakukan berbagai usaha iman Kristiani agar keselamatan jangan hilang. Beberapa contoh dikemukakan orang yang hilang keselamatanya seperti Yudas, Demas, dllnya. Masih dari golongan ini berpendapat kalau keselamatan tidak dapat hilang maka orang Kristen akan hidup seenaknya termasuk mengamalkan kejahatan dan dosa karena keselamatan tidak dapat hilang.
1.2.Golongan kedua menjawab bahwa keselamatan tidak dapat hilang. Sebab keselamatan itu adalah Karya Allah sepenuhnya dalam Kristus, dimulai dengan Pemilihan/penetapan orang orang yang akan diselamatkan, dilanjutkan dengan karya Yesus dan Roh Kudus sehingga terkumpullah orang pilihan yang diselamatkan (baca kembali tulisan Allah Pemrakarsa Keselamatan).

2.Tulisan kali ini berjudul Sekali Selamat Tetap SElamat. Topik ini sebenarnya hampir sama dengan pertanyaan Dapatkah Seseorang Kehilangan Keselamatannya? Bedanya yang terakhir dalam bentuk pertanyaan yang menghasilkan dua jawaban yang berbeda dan topik kali ini dalam bentuk pernyataan atau Statement. Juga menanggapi Statement ini golongan gereja terbagi dua.
2.1.Golongan Gereja yang menolak pernyataan semacam itu, Dengan perkataan lain kalau keselamatan tidak dijaga dan dikerjakan dengan baik pasti keselamatan akan hilang. Golongan ini dengan tegas menolak pengajaran Sekali Selamat Tetap Selamat) (http://www.sarapanpagi.org/sekali-selamat-tetap-selamat-vt226.html )

2.2.Golongan gereja lain mendukung dan mempertahankan pendapat bahwa SEkali Selamat Tetap Selamat. Alasannya disini karena Keselamatan adalah Karya Allah dalam Kristus, karena itu dikaruniakan kepada orang orang pilihan, maka Allah juga bertanggung jawab untuk memberi ketekunan kepada orang orang beriman tadi sehingga mereka setia sampai akhir dan tidak terhilang sebagai orang beriman. Apakah mereka mengamalkan kehidupan seenaknya dan mengamalkan dosa dan kejahatan ? Tentu saja tidak karena mereka mengerti untuk apa mereka dipilih seperti ditulis di Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula , mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Mereka mengerti mereka dipilih untuk menjadi seperti Kristus maka mereka mengusahakan dengan kekuatan Roh Kudus hidup yang makin hari makin menyerupai Kristus dalam segala hal.

2.3.Bacaan yang mendukung butir no.2.2.diatas antara lain:
2.3.1.http://www.in-christ.net/artikel/the_integrated_life_in_the_truth/bab_6_tulip
Tulisan dari Denny Sutandio mengenai TULIP

2.3.2.http://www.golgothaministry.org/keselamatan/keselamatan_04.htm.Bisakah Orang Kristen Kehilangan Keselamatan? Dipresentasikan dalam
bentuk tanya jawab antara Pdt. Jusuf BS dengan Pdt Budi Asali (yang mewakili pandangan bahwa keselamatan tidak dapat dhilang.

2.3.3.Bacaan lain dalam bentuk kotbah. Ini lebih mudah untuk diikuti dan dicerna, sebuah kotbah dari Dr.WA Criswell dengan judul Sekali Selamat, Tetap Selamat, yang sudah diterjemahkan
http://www.wacriswell-indo.org/sekali_selamat%20tetap%20selamat.htm

3.Perdebatan ini belum selesai artinya masih terus berlangsung. Ada orang Kristen yang berpendapat bahwa Keselamatan dapat hilang dan yang lainnya, Sekali Selamat Tetap Selamat , orang Kristen jenis ini tidak mengamalkan hidup seenaknya tetapi terus berjuang hidup kudus untuk makin menjadi seperti Kristus sehingga Roma 8: 29 makin menjadi kenyataan dan didalam pengharapan menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali dimana kita semua akan dipermuliakan -Roma 8:30- Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Leave a Comment