SIAPA YANG MEMILIH ?

KUNCI KER SORGA

SIAPA YANG MEMILIH?
I Petrus 1:1-2
1:1
Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,
1:2
yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

1. Surat ini ditujukan kepada orang orang yang dipilih ((ayat2) . Disini jelas menunjuk kepada orang orang Kristen yang tersebar di ayat 1 tadi dan juga berlaku untuk kita orang Kristen pada umumnya. Dengan perkataan lain orang orang Kristen adalah orang orang pilihan Allah. Allah adalah pihak aktif yang memilih.

2.Apa yang dikatakan disini kita temui kesejajarannya dalam tulisan rasul Paulus di Roma 8: 39- SEbab semua orang yang dipiihNya dari semula, mereka juga ditentukanNya dari semula untuk menjadi serupa untuk menjadi serupa dengan gambaran AnakNya, ……..

3. Ayat ayat diatas sangat sejalan dengan ucapan Tuhan Yesus dalam Yohane s 15:16 yang berbunyi :”Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. DanAku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

4.Dalam sejarah pemikiran ajaran gereja, ajaran pemilihan Allah ini menjadi bahan hangat yang diperbincangkan dan diperdebatkan. Paling tidak ada 3 pemikiran :

4.1.Allah memilih orang berdosa untuk diselamatkan berdasarkan atas kasih kedaulatanNya (sovereign grace) . Tidak ada jasa apapun dari manusia dan tidak ada kontribusi apapun dari pihak manusia.

4.2.Allah memilih orang berdosa untuk diselamatkan atas dasar pengetahuan Allah dari kekal yang telah tahu terlebih dahulu siapa yang akan percaya kepada Tuhan Allah. Keselamatan dalam pemikiran ini tidak serratus perssen dari Allah karena manusia ikut menyumbang iman atau percaya. Jadi ada semacam kerja sama.

4.3.Manusialah yang memilih. Diandaikan manusia mempunyai kemampuan/kebebasan untuk memilih Allah dan keselamatan yang ditawarkan Allah melalui Yesus Kristus. Kejatuhan manusia kedalam dosa tidak merusak kemampuan untuk memilih Allah dan keselamatan.

5.Gereja dan orang Kristen dari dulu, sekarang dan yang akan datang terbagi kedalam 3 golongan pemikiran diatas

6.Buku yang menarik untuk dibaca untuk menambah wawasan pengetahuan iman mengenai soal ini adalah sebuah buku yang berisi perdebatan anatara Erasmus ( seorang tokoh humanis ) dengan Martin Luther (seorang tokoh pembaharu gereja.). Bukunya berjudul.A Review of Luther and Erasmus: Free Will and Salvation.

THANK YOU

Leave a Comment