TAFSIR 2: 144000 ORANG YANG DIMETERAIKAN?

wahyu-144000
TAFSIR 2
144000 ORANG YANG DIMETERAIKAN ?
WAHYU 7:1-8

1. Karena didaftarkan suku suku Israel disini maka ada golongan yang menafsirkan ini secara harafiah maka 144000 orang tadi adalah orang orang Yahudi keturunan Abraham secara darah dan daging. Jadi menurut tafsiran ini ke 144000 orang tadi adalah orang orang Yahudi yang kemudian hari akan bertobat. Pendapat ini dipegang oleh Gereja gereja yang termasuk golongan Dispensasionalis. Tafsiran atau ajaran mereka disebut sebagai Dispensasionalis Futuris. Didalamnya ada gereja gereja Protestan, gereja gereja Pentakosta, gereja gereja Baptis, semua dari mereka kita masukkan kedalam golongan ajaran Dispensasionalis.

2.Secara sederhana ajaran ini membagi dua golongan umat Tuhan. Ada dua golongan umat yang istimewa dihadapan hadirat Tuhan. Golongan pertama adalah golongan Yahudi, golongan ini sampai sekarang masih tetap istimewa dan mendapat perlakuan khusus. Golongan kedua adalah gereja Kristen yang orang orangnya berasal dari orang kafir non Yahudi. Menurut golongan ini gereja Tuhan mengalami pengangkatan ke sorga mulai di Wahyu fasal 4 ketika pintu sorga terbuka. Masalah pengangkatan dibuat menjadi populer oleh buku dan film Left Behind. Dalam film itu tiba tiba banyak orang Kristen yang hilang. Ada yang sedang dikapal terbang tiba tiba hilang, ada yang sedang disekolah, dikantor, dimobil tiba tiba hilang. Kemana mereka hilangnya? Tidak lain karena mereka diangkat oleh Tuhan Yesus ke sorga. Dalam konsep ini gereja dan orang kristen bebas bencana karena telah diangkat ke Sorga.
3.Mereka mereka yang tersisa didunia adalah orang Kristen yang Cuma namanya Kristen. Orang orang Yahudi masih tertinggal didunia dan mereka mengalami banyak kesusahan karena mereka memasuki apa yang disebut Masa kesusahan besar. Dimasa kesusahan besar itu maka 144000 orang Yahudi bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus.Mereka mereka ini lah yang dimeteraikan untuk mendapat perlindungan khusus dari berbagai hukuman bencana.
4.Penafsiran harafiah bahwa ke 144000 orang yang dimeteraikan adalah orang Israel atau orang Yahudia patut dipertanyakan.
4.1.Pertanyaan Pertama tama susunan komposisi suku suku Israel yang tidak biasa. Suku Yehuda ditempatkan duluan.. Suku Dan tidak didaftarkan,. Manasye anak Yusuf dicantumkan demikian pula Yusuf, sedang anaknya yang lain Efraim ditiadakan. Jawab golongan ini : suku Dan dan Efraim ditiadakan karena kedua suku ini terlibat dosa berat dalam penyebahan berhala. Biasanya suku Lewi tidak dimasukkan demikian juga Yusuf , sekarang dimasukkan daftar dengan maksud untuk menggenapi angka 12 suku.

4.2.Pertanyaan kedua 10 suku sebenarnya sudah hilang sejak pembuangan. Pada zaman Perjanjian Baru, ditengah umat Israel masih ada suku Yehuda, suku Benyamin dan suku Lewi, tetapi suku-suku lain tidak eksis lagi

4.3.Pertanyaan ketiga apakah jumlah ini benar benar secara harafiah Cuma 144000?? Penafsiran secara harafiah bahwa ini benar yahudi dan jumlahnya pasti 144000 sukar dipertahankan mengingat Alkitab sering memakai angka angka secara simbolis.

5.Jumlah 144000 merupakan simbol saja. Bagaimana kita harus mengartikan itu?
Mari disini kita belajar kembali berhitung karena bermain dengan angka angka. Di Wahyu 21 dikatakan bahwa Yerusalem baru memiliki tembok dengan 12 batu dasar dimana 12 nama para rasul dicantumkan disana. Yerusalem baru ini juga mempunyai 12 pintu gerbang dimana nama nama suku Israel dicantumkan. Dua belas adalah mewakili umat Perjanjian Lama diwakili oleh suku suku Israel dan 12 juga mewakili umat Perjanjian Baru yang diwakili oleh nama para rasul. Ketika berbicara mengenai umat Allah maka 12 kali 12 menggambarkan kepenuhan. Angka 1000 dalam sastra apokaliptik menunjuk kepada jumlah yang besar dan tidak terhitung jumlahnya. Dengan catatan ini maka 14400 berarti mewakili jumlah penuh dan lengkap dari semua umat Tuhan. Mereka mereka inilah yang dimeteraikan dibumi dalam rangka perlindungan terhadap murka dan hukuman yang akan didatangkan Tuhan Allah. Jadi dalam jumlah 144000 itu termasuk kita didalamnya. Kita akan mendapat perlindungan Tuhan Allah kalau hukuman murka Allah seperti digambarkan dalam Wahyu diturunkan.

Leave a Comment