TEODISI

TEODISI

PENGANTAR

 

1.Dalam bagian pengantar uraian Teodisi akan disajikan sebuah film untuk menjelaskan pokok bahasan Teodisi. Film yang dimaksud berjudul  OMG: Oh My God (2012) karya Umesh Shukla. Tokohnya bernama Kanji Lalji Mehta (Paresh Rawal) dimana  di dunia imajinasi berhasil menggugat Tuhan dan memenangkan peradilan. Bagaimana bisa?

2.Film ini penuh dengan adegan-adegan satire. Kanji menggugat perusahaan asuransi. Ia meminta ganti rugi karena tokonya yang menjual patung-patung dewa telah hancur lebur karena gempa bumi.

Tetapi, sudah bisa ditebak, perusahaan asuransi yang diwakili Dinesh Gandhi (Jaineeraj Rajpurohit) tersebut menolak karena menganggap apa yang terjadi pada toko Kanji di luar tanggung jawab perusahaannya. Ia menyebut peristiwa itu sebagai “Act of God” (Perbuatan Allah). Dengan begitu, Dinesh meminta Kanji menuntut dewa yang sebenarnya tak dipercayai eksistensinya oleh Kanji. Ya, dia seorang ateis.

3.Karena sudah merasa rugi banyak, terpaksa Kanji melayangkan gugatan ke pengadilan. Tetapi ateis yang satu cerdas , Tuhan, memang sasaran gugatannya,tetapi dengan kesangsiannya pada Tuhan, ia menggangap tak mungkin menghadirkan Tuhan dalam pengadilan itu. Dengan begitu, tuntutan itu akan mudah dipatahkan.

4.Selanjutnya yang dilakukan Kanji sangat mengejutkan. Ia tak menuntut Tuhan secara langsung, tetapi melalui rumah-rumah-Nya di muka bumi: masjid, wihara, gereja, dan pura. Dengan begitu, perwakilan rumah-rumah ibadah itu hadir memenuhi panggilan pengadilan.

5.Semua perwakilan rumah ibadah yang disebut sebagai kalangan agamawan, kebakaran jenggot dan dengan mudah melayangkan predikat kafir dan menodai agama pada Kanji, bahkan Kanji hampir mati terbunuh dikejar-kejar massa. Kanji akhirnya menang di pengadilan dan berhasil mendapatkan ganti rugi.

6.Namun bagimana dia menunjukkan bukti-bukti empirik yang biasa dikehendaki dalam pengadilan yang sangat positivistik? Kanji menghadirkan bukti-bukti tertulis yang ia dapatkan dari aneka kitab suci agama-agama. Ayat-ayat yang bekenaan dengan “Act of God” ia sitir dari Bhagavat Gita ayat 8 pasal 9; dari Alkitab ia mengutip Yesaya 54 ayat 16; dari al-Qur’an iya menyitir surat al-Zalzalah ayat 1-8.

Semua ayat itu tak mungkin diingkari oleh para agamawan. Karena mereka semua membenarkan seluruh isi firman Tuhan di dalamnya.

7.Sang sutradara  hendak mengungkap betapa masih banyak kalangan agamawan yang beragama tidak dibarengi dengan akal sehat, sehingga mudah dikalahkan dengan argumen-argumen teodisi yang menuduh Tuhan tidak bisa berbuat adil dan cenderung berwajah kriminal.

Judul : Oh My God
Sutradara : Umesh Shukla
Negara : India
Bahasa : Hindi
Durasi : 130 menit
Pemain : Akshay KumarParesh RawalMithun Chakraborty, Jaineeraj Rajpurohit
Tahun rilis : 2012

SUMBER:

https://www.qureta.com/post/menggugat-tuhan

 

Note:

Theodicy  (bhs Inggris) ada yang menerjemahkan dengan Teodisi, Teodise atau Teodisae, dalam bahasan  istilah Teodisi lebih banyak yang memakainya .

Teodisi Kristen adalah  ilmu yang mencoba menjelaskan relasi antara Allah yang mahakuasa, berdaulat, adil dan maha baik dengan kenyataan adanya penderitaan dan kejahatan didunia ini.

 

 

 

 

Leave a Comment