TEOLOGI SISTIMATIKA 01

TEOLOGI SISTIMATIKA

TS 01-PENGANTAR STUDI  

 

1.PENGANTAR

Secara hurufiah Teologi adalah ilmu tentang Allah. Asal kata dari  Theos= Allah dan Logia- ilmu.

Dalam konteks Kristen dapat dirumuskan demikian: Teologi adalah ilmu yang berisi uraian tentang Allah sebagaimana Dia telah menyatakan DiriNya melalui Alkitab dan Yesus Kristus.

Lalu apa Teologia Sistimatika?  Teologia Sistimatika adalah ilmu yang berisi uriaan secara sistimatis, berurutan dan beraturan  mengenai Allah dan segala karyaNya  sebagaimanna Dia telah menyaksikan/memperkenalkan DiriNya melalui Alkitab dan Yesus Kristus.

Uraian dalam fasal fasal berikutnya diusahakan sesederhana mungkin  dan menghindarkan penguraian yang bersifat ilmiah, sehingga dapat menjadi bahan renungan tiap harinya. Dengan mengikuti seluruh uraian sampai selesai diharapkan para pembaca mendapatkan gambaran keseluruhan ajaran Alkitab, ajaran iman Kristen.

 

2.PENTINGNYA MEMPELAJARI TEOLOGIA SECARA SISTEMATIS

2.1.Manusia sebagai mahluk ciptaan yang berasio. Manusia mempunyai kecenderungan untuk berpikir dan mempelajari sesuatu secara sistematis.

2.2. Kebenaran dan ajaran dalam Alkitab tersebar secara acak di seluruh bagian Alkitab, sehingga perlu disusun secara sistematis dan mengelompokkan ajaran tentang , Allah Bapa, Manusia, Kejatuhan dalam Dosa, REncana Penyelamatan, Yesus Kristus, Roh Kudus, Gereja dan Akhir Zaman.

2.3.Dengan memepelajari Teologi Sistimatika maka segenap orang Kristen dibekali untuk memberi jawab terhadap mereka yang bertanya tentang iman Kristen dan juga sebagai alat penangkal terhadap berbagai ajaran sesat.  . 1Pe 3:15, Efe 4:14

2.4.Teologia Sistimatika yang akan diuraikan selanjutnya lebih berupa  pokok pokok ajaran mengenai siapa Allah, KaryaNya, Manusia, Gereja dstnya atau dalam tulisan lain disebut juga sebagai Dogmatika. Pelajaran Dogmatika ini masih diperlengkapi lagi dengan Cabang Teologia Sistmatika lain yang disebut Etika Krsiten, yang menguraikan cara perilaku Kristen.

2Ti 2:24-25; 2Ti 3:15-16

2.6.Keutuhan keseluruhan kebenaran ajaran Firman Tuhan yang teratur dan sistimatis memudahkan kita mempelajarinya dan akan memperlengkapi  anggota gereja maupun para aktivis Kristen. Biasanya sebelum seseorang di baptis dewasa atau angkat sidi mereka memepelajari Teologi Sistimatika Dogamatika ini dalam kelas katekisasi. Itu hanya permuliaan saja karena baru berupa tingkat dasar. Setelah menjadi orang Krsiten mereka . perlu belajar lagi tingkat selanjutnya dengan urutan yang sama atau urutan lainnya  dan dengan pendalaman pengertian setiap pokok ajarannya. Fungsi tulisan dalam fasal fasal berikutnya boleh dilihat sebagai pembekalan bagi seseorang , sedang bagi yang lainnya lebih sebagai penyegaran ingatan akan apa yang  telah pernah dipelajarinya.

 

REKOMENDASI BACAAN UTAMA:

https://www.gotquestions.org/Indonesia/teologia-sistematika.html

http://refleksinindyosasongko.blogspot.com/2006/10/referensi-teologi-sistematika.html

 

REKOMENDASI BACAAN LAINNYA:

http://gandummas.com/product_info.php?cPath=46_37&products_id=44&osCsid=6f5e917478b6fa4a0f55c28f11df857f

http://learning.sabda.org/baca.php?b=teo_sistem

http://rotihidup.org/berkenalan-dengan-teologia-kristen/

https://www.youtube.com/watch?v=0GlYikfUgoo&t=69s

 

 

BERSAMBUNG KE TS O2

Leave a Comment