TOUR KEMAH SUCI (1)

TABERNAKEL

TOUR KEMAH SUCI (1)

I.PELATARAN -HALAMAN

1.Pintu Gerbang Tabernakel – Kel. 27:16; Kel.38:18-19
Terdiri dari tirai (= kain penutup) sepanjang 20 hasta dengan tinggi/lebarnya 5 hasta berwarna : Ungu tua, Ungu muda , Kirmizi atau merah darah, Lenen halus putih yang dipintal benangnya

Pintu gerbang pelataran memberi bayangan mengenai Yesus Kristus. Yesuslah jalan satu-satunya mendekat kepada Allah seperti yang dikatakannya dalam Yohanes 10:9 “Akulah pintu…” dan Yohanes 14:6 “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup…”
Maksud Allah menyuruh membuat pintu gerbang di sebelah timur juga menarik. Ini juga menjadi bayang-bayang Sang Pintu yakni Yesus Kristus berassal dari suku Yehuda. Sebab di sebelah timur kemah suci atau tabernakel adalah perkemahan Suku Yehuda seperti yang tertulis dalam Bilangan 2:3.

2.Mezbah Korban Bakaran-Kel.27:1-7
Mezbah korban bakaran atau the altar (Keluaran 27:1-7). Mezbah ini terletak di tengah-tengah pelataran luar dan menjadi tempat pertama yang terlihat jika masuk lewat pintu gerbang pelataran. Di sini, para imam akan mempersembahkan korban kepada Allah.
Letak mezbah tembaga di pelataran luar menyatakan bahwa untuk menghadap hadirat Allah harus melalui kurban bakaran yang menyucikan umat Tuhan. Jadi, mezbah tembaga bisa melambangkan bukit Golgota. Yesus telah disalib di bukit Golgota untuk menggantikan orang percaya dari kematian kekal. Kristus telah mati menggantikan kita di kayu salib. “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” (ayat2Kor. 5:21). Dan, “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib…” (ayat 1Pet. 2:24a).

Renungkan: Tidak ada orang yang dapat masuk ke ruang kudus tanpa disucikan melalui mezbah kurban bakaran. Sudahkah Anda menikmati persekutuan dengan Allah karena kurban Tuhan Yesus?

3.Bejana Pembasuhan Dari Tembaga-Kel 30:17-21
Bejana pembasuhan atau the laver (Keluaran 30:17-21
Fungsi bejana ini adalah persediaan air supaya para imam yang akan masuk kemah suci dapat membasuh tangan dan kaki mereka (ayat 18-21). Kebersihan badan para imam saat masuk kemah suci menandakan penghormatan mereka pada Allah. Itu sebabnya, hal ini berlaku seterusnya bagi para imam Israel. Apabila hal ini dilanggar maka kematian akan menimpa.

Peraturan-peraturan di atas dan sanksinya tidak berlaku bagi kita karena Kristus sudah menebus dosa dan pelanggaran kita. Namun, kita harus memelihara hidup kudus yang sudah diberikan kepada kita. Jagalah diri Anda dari segala hal yang menajiskan hidup Anda di hadapan-Nya.

THANK YOU

Leave a Comment