WEJANGAN TERAKHIR

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 6– PASTOR  ZOSSIMA

 

FS 3-WEJANGAN TERAKHIR DARI ZOSSIMA

1.Zossima kemudian memberi tahu Alyosha teorinya tentang pentingnya peran para rahib di Rusia. Dia tahu bahwa seringkali, para rahib  dicemooh di masyarakat karena menjadi “pengemis tak tahu malu yang hidup dari kerja orang lain.”

2.Zossima merasa bahwa para rahib  dan orang-orang Rusia sejati adalah kunci keselamatan bagi orang-orang Rusia. Orang-orang biasa pada akhirnya adalah agen perubahan yang paling penting, tetapi para rahib  memimpin mereka dengan memberi contoh.

3.Dia merasa bahwa para rahib  itu sebenarnya sangat dekat dengan orang awam, dan dia percaya bahwa semua manusia harus setara; hierarki di antara tuan dan pelayan seharusnya tidak ada. Jika hierarki antara seorang tuan dan seorang pelayan dapat dihapuskan, mereka dapat menjadi  saudara sejati secara rohani.

4.Zossima melanjutkan untuk memberi tahu semua orang di sekitarnya bahwa semua orang saling terkait, jadi manusia harus mencintai semua yang ada di sekitarnya, dan dia juga harus ikut merasa  bersalah karena dosa orang lain, sehingga tidak ada lagi pihak pihak yang saling menyalahkan.

5.Manusia seharusnya tidak menghakimi saudara-saudaranya; hanya Tuhan yang dapat menghakimi.  Menurut Zossima , Tidak ada Neraka dalam arti fisik ;  yang ada Cuma  hati nurani manusia yang  menyiksanya. Ini adalah “Neraka spiritual.” (pandangan Zossima disini agak “lain”dari pandangan dan ajaran gereja resmi.)

6.Tiba-tiba, di tengah kuliah,wejangan dan pidatonya, Pastor Zossima menurunkan dirinya ke tanah, merentangkan tangannya, dan merangkul Bumi. Dalam keadaan “ekstasi,” dia meninggal. Mereka yang berada di biara dengan cepat mencari tahu tentang kematiannya. Pada pagi hari, bahkan penduduk kota tahu. Pastor Zossima, penatua yang terkenal, sudah tidak ada lagi.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-6

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN.

1.Menjelang akhir hidupnya Zossima memberi wejangan, pesan terakhir kepada Aloysha dan orang orang yang yang ada disampingnya dimana kalau diringkaskan meliputi 5 pokok:

1.1.Pentingnya rahib. 1.2.Tentang tuan dan hamba.1.3.Mengenai doa, cinta kasih dan kontak dengan dunia disekeliling.1.4.Apakah manusia dapat saling menghakimi?1.5.Tidak ada neraka fisik,yang ada hanya neraka rohani.

2.Dalam reformasi Luther menekankan kesamaan diantara semua orang Kristen, jadi tidak membedakan 2 kelas yang berbeda antara rohaniwan dan anggota gereja biasa.  (merujuk ke no.1.1.diatas mengenai kedudukankhusus dari rahib (rohaniwan).

3.Kemudian ajaran zossima mengenai doa, cinta kasih, kontak dunia sekeliling, jangan saling menghakimi, semua sesuai dengan Alkitab. Dan terkahir mengenai neraka, Zossima menyimpang dari ajaran Alkitab yang kita mengerti yaitu bahwa ada neraka secara fisik, jadi bukan rohani saja.

4.Yang dapat dipelajari adalah semangat Zossima, sampai detik detik terkahir hidupnya ia masih bersemangat untuk membagikan kekayaan rohani.

 

 

 

Leave a Comment