YANG MISKIN DAN YANG KAYA

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU   2-PERTEMUAN TANPA PENYELESAIAN

 

Fs.1-4-YANG MISKIN DAN YANG KAYA DATANG KE BIARA

1.Keluarga Karamazov (Fyodor, Dmitri, Ivan dan Aloysha)  pergi ke pertemuan dengan Elder  Zossima di biara  untuk menyelesaikan perselisihan antara Dmitri dan Fyodor mengenai tuntutan warisan Dmitri. Ivan dan Fyodor tiba dengan mantan dermawan Ivan, Peter Miusov, tetapi Dmitri tidak terlihat. Meskipun kelompok itu berisi warga yang sangat berpengaruh, tidak ada penyambutan khusus yang dilakukan pada saat kedatangan mereka. Tidak ada biarawan yang bergegas menyambut mereka.

2.Sebaliknya, para biarawan  dikelilingi oleh pengemis. Akhirnya, seorang biarawan  mengundang mereka ke biara, dan mereka semua diundang untuk makan bersama Bapa kepala biara setelah pertemuan. Fyodor berseru, “Aku tidak akan melewatkannya untuk apa pun!”  Karamazov tua (Fyodor)  menyebut Zossima “Penatua Suci,” “Yang Mulia,” ” malaikat,” dan “orang  yang diberkati.” Dia berlutut dan mencium tangan Elder Zossima. Sepertinya dia sedang bermain sandiwara. Peter Miusov sangat terganggu oleh sikap ironis Fyodor, dan dia bertengkar dengan Fyodor Karamazov , ia menunjukkan rasa malunya atas kehadirannya, ia berpendapat bahwa sifat Fyodor kurang sepantasnya terhadap biarawan  yang disegani. Setelah basa-basi penyambutan , Elder  Zossima pergi untuk menyambut beberapa pengunjung yang lain.

3.Para pengunjung adalah  orang orang miskin, wanita petani, kecuali orang  kaya: Madame Hohlakov dan putrinya yang sakit dan lumpuh Lise. Semua wanita itu meminta nasihat Pastor Zossima. Banyak dari mereka bertingkah laku aneh, “meraung-raung dalam ekstasi … menggonggong seperti anjing,” seolah-olah “terkejut” oleh “tuan rumah” itu sendiri. Narator menjelaskan bahwa ini adalah perilaku wanita yang menderita dengan “kehidupan yang sangat tidak bahagia, penuh kebrutalan dan perlakuan buruk.”

4.Elder  Zossima sabar dengan setiap wanita, mendengarkan masalahnya dan menawarkan nasihat yang bijaksana. Ketika dia sampai ke Nyonya Hohlakov, dia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya telah “menyembuhkan” Lise-nya. Ketika Elder  berbicara dengan Lise, alih-alih mencucurkan air mata, dia malah terkikik. Dia menyalahkan letupan emosinya  pada Alyosha, kepada siapa dia menyukainya. Madame Hohlakov memberi tahu Elder Zossima bahwa dia kurang beriman kepada Tuhan dan kurang beramal ; tetapi , dia mengharapkan ucapan terima kasih  atas perbuatan baiknya. Elder menyarankannya untuk “menghindari berbohong, terutama untuk dirimu sendiri.” Sekali lagi Lise tertawa, lalu tiba-tiba mulai menangis, merindukan Alyosha. Elder Zossima mengatakan kepadanya bahwa ia akan mengirim Alyosha untuk mengunjunginya.

*Elder adalah nama jabatan di biara dengan fungsi    penasehat rohani yang bijaksana. Bisa imam dan bisa juga bukan imam.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-2

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Madame Hohlakov yang kaya pulang dengan tangan kosong, sedangkan orang orang miskin pulang dengan mendapat berkat melalui Biarawan Tua  Zossima.

2.Dalam menghadap Tuhan biarlah kita datang dengan segala kerendahan hati. Apa yang mau kita sombongkan ketika kita menghadap Tuhan? Baca Lukas 18:9-14 -orang Farisi dan pemungut cukai ke Bait Allah.

 

NOTE:

Buku Ini adalah drama spiritual yang bergumul mengenai masalah Allah, iman, Teodisi, kebimbangan, penghakiman dan akal budi. Buku ini berhasil mencatatkan dirinya dalam  kelas literatur dunia.

 

 

Leave a Comment