YAYASAN DOKTER PEDULI

YAYASAN DOKTER PEDULI (doctorSHARE)

https://id.wikipedia.org/wiki/Yayasan_Dokter_Peduli

1.Dalam artikel Roti Hidup yang lalu  telah dipaparkan siapa  Dr Lie Agustinus Dharmawan  dan sekarang kita pelajari Yayasan yang didirikannya  yang diberi nama doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) yang adalah organisasi kemanusiaan nirlaba yang memfokuskan diri pada pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan. Aktif sejak tahun 2003, organisasi doctorSHARE secara resmi berdiri pada 19 November 2009.

2.doctorSHARE menyediakan akses bantuan medis secara holistik, independen, dan imparsial untuk orang-orang yang membutuhkan, yaitu mereka yang dianggap miskin dan tidak mampu, dan yang tidak mempunyai kartu miskin karena masalah administrasi kependudukan, sehingga berimbas kepada tidak dimilikinya Asuransi (Jaminan) Kesehatan Masyarakat dan tidak memperoleh akses kesehatan gratis yang disediakan pemerintah; mereka yang secara sosial dikecualikan dari layanan kesehatan dan dikucilkan dalam masyarakat, mereka yang terjebak dalam bencana alam, epidemi, dan kekurangan gizi.

3.Individu-individu yang tergabung dalam doctorSHARE bekerjasama, membagikan talenta dan kecakapan masing-masing tanpa memandang batasan-batasan suku, agama, etnis, ras dan antar golongan untuk mewujudkan visi dan misi doctorSHARE sesuai dengan prinsip kemanusiaan dan etika pelayanan medis. Banyak di antara mereka yang telah berpengalaman di medan krisis Indonesia sejak tahun 1998 akibat ketidakstabilan politik, ekonomi dan sosial, serta terpaan bencana alam yang melanda Indonesia.

4.Saat ini doctorSHARE didukung oleh ahli bedahdokterperawat, dan profesional seperti jurnalisadministratorfotograferdesainer, ahli teknologi informasiwiraswasta, pekerja sosial profesional, dan sejumlah donatur individual. Kami membuka diri bagi mereka yang tergerak untuk membagikan kecakapan profesionalisme mereka di bidang kesehatan.

5.doctorSHARE secara berkala melakukan kegiatan pengobatan gratis bagi ­masyarakat pra-sejahtera di berbagai tempat, baik di kota besar maupun di daerah terpencil. Sampai saat ini, pelayanan medis yang dilakukan terdiri dari pengobatan umum, bedah minor, dan bedah mayor. doctorSHARE merencanakan untuk menambah layanan kesehatan untuk pemeriksaan gigi dan mata.

6.RSA dr. Lie Dharmawan – ini adalah kapal Rumah Sakit Apung Dr Lie (Dr Lie adalah penggagas Kapal Rumah Sakit Apung) yang mengelilingi berbagai Pelabuhan Pelabuhan untuk melayani masyarakat kecil dan tidak mampu. Kapal RSA ini dikelola dibawah Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE.

7.Pada 1 Juni 2015, doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) dan Yayasan EKADHARMA meluncurkan Rumah Sakit Apung (RSA) dengan nama RSA Nusa Waluya I.  RSA Nusa Waluya I merupakan program kerjasama antara doctorSHARE dan Yayasan EKADHARMA. RSA Nusa Waluya I mengikuti jejak RSA pertama (RSA dr. Lie Dharmawan) dalam melakukan aksi jemput bola kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang hidup di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) tanpa/minim fasilitas kesehatan.

Dibawah ini dituturkan pelayanan RSA Dr. Lie melalui penuturan Riny Sari Dokter Relawan Rumah Sakit Terapung di Papua.