YEHOVAH SHAMMMA


YEHOVAH SHAMMA : TUHAN ADA DISANA

1.Yehovah Shamma adalah nama yang diberikan kepada Yerusalem Baru, kota masa depan yang dinubuatkan oleh Yehezkiel melalui sebuah penglihatan. Nama ini berbicara tentang kehadiran khusus Tuhan dengan umat Allah. Lihatlah apa yang Yehezkiel bagikan dalam visinya di Yehezkiel 48:35.
Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU.”

2.Orang Israel dalam keadaan berputus asa karena mereka telah diasingkan ke Babel dan kota Yerusalem dan Bait Allah telah dihancurkan. Namun, Tuhan memberi Yehezkiel sebuah visi tentang kota masa depan yang akan jauh lebih baik daripada kota sebelumnya. Dalam visi itu, ia mengatakan bahwa nama kota itu adalah “Tuhan ada di sana.” Ini akan sangat membesarkan hati Yehezkiel dan orang Israel karena didalam nubuatan sebelum kejatuhan Yerusalem dikatakan bahwa Allah akan meninggalkan Yerusalem dan Bait Suci, dan nubuatan itu sungguh terlaksana . Tetapi sekarang ada nubuatan baru yang sungguh memberi pengharapan baru.

3.Akan ada kota masa depan yang gemilang dan sebuah bait yang ditandai oleh kehadiran Tuhan secara kekal. Namun, kebenaran bahwa Tuhan hadir bersama umat-Nya telah mulai berlaku sekarang. Tuhan telah berdiam dalam setiap orang percaya dan dia akan tinggal di dalamnya selamanya. Baca juga apa yang dikatakan Paulus dalam 1 Korintus 6: 19–20:
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait hRoh Kudus 1 yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya j telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!
Kristus tinggal di dalam diri setiap orang percaya, dan ada pengertian khusus di mana kehadiranNya datang ketika orang-orang percaya berkumpul bersama. Matius 18:20 mengatakan, ”Karena di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, aku ada bersama mereka.”

4.Kehadiran Tuhan ada di sana. Dia bersama kita dan itulah yang membuat pertemuan para orang kudus menjadi istimewa. Pertemuan para orang suci adalah tentang kehadiran Allah. Kami berterima kasih, Tuhan, bahwa Engkau akan selalu bersama kami, bahkan sampai ke ujung bumi (Mat 28:19). Terima kasih bahwa Engkau adalah Yehovah Shamma, Tuhan ada di sana.

SUMBER: https://bible.org/seriespage/8-names-god