RAJAMU DATANG

RAJAMU DATANG
“Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk diatas seekor anak keledai. (Yoh.12:15)

1.Raja zaman sekarang kalau mengunjungi suatu kota, turun dari kapal terbang akan disedakan mobil sedan yang mewah yang tidak dipakai oleh kebanyakan rakyat jelata. Raja pada zaman dulu kalau dia datang akan naik kuda. Bukan sembarang kuda, tetapi kuda pilihan yang gagah perkasa dan menambah wibawa yang duduk diatasnya. Kini Tuhan Yesus memasuki kota Yerusalem bukan dengan naik kuda tetapi naik seekor keledai. INi menjadi simbol bahwa Tuhan Yesus datang kedunia bukan untuk pamer kegagahan ataupun kemewahan. Lahir saja dikandang binatang menandakan kesederhanaan. Maka tidak heran ketika ia masuk ke Yerusalem yang dipilihnya adalah keledai. Tindakan ini juga untuk memenuhi nubuat yang terambil dari Zakarian 9:9 dengan tambahan kata Jangan takut mungkin terambil dari Yesaya 40:9. Lengkap sudah gambaran Tuhan Yesus bahwa Dia datang sebagai Raja yang telah dinubutkan di Perjanjian Lama.

2.Yesus sebagai raja bukan untuk memenuhi keinginan rakyat Yahudi yang ingin raja duniawi, yang dengan kewibawaaannya dapat menghimpun rakyat Yahudi untuk mengadakan perlawanan terhadap kekuatan penjajah pemerintah Romawi. Yesus datang sebagai yang diurapi (Mesias) adalah raja diatas segala raja yang pada kedatangannya pertama ditandai dengan misi pengorbanan di kayu salib, menjalani kematian dan kemudian kebangkitan. Melalui karyaNya Ia menghimpun umat percaya yang diselamatkan yaitu anda dan saya , dan hidup kita ditempatkan dibawah kekuasaan Yesus sebagai raja.

3.Yesus adalah raja Kerajaan Allah. Anda dan saya yang sudah diselamatkan menjadi warga Kerajaan Allah berdasarkan kasih kebaikan dan anugerah Tuhan dan bukan karena kita baik atau kwalitas lain yang ada pada kita. Kita yang mempunyai Yesus sebagai raja hendaknya menundukkan diri kebawah kuasa pemerintahan Kristus dalam hidup tiap hari. Dalam rumah tangga, gereja,pekerjaan dan hidup masyarakat kita berada dibawah peraturan kuasa Tuhan sesuai dengan petunjuk petunjuk Alkitab.

4.Natal sebentar lagi kita peringati. INi tidak lain untuk memperingati kelahiran raja kita Yesus Kristus. Ingat sekarang Dia bukan bayi lagi, tetapi bertahta di surga. Ia akan datang kembali untuk kedua kalinya untuk menjemput kita sekalian umat yang percaya kepadaNya untuk memasuki kehidupan yang bebas dari penderitaan dan dosa dosa dunia. Kita akan dijemput nanti untuk dapat terus melayani dan mempermuliakan Dia sang raja diatas segala raja. Mari kita meneruskan hidup kita dalam pelayanan dan kesaksian bagi kemuliaan Tuhan Yesus Raja kita.