APAKAH YANG ANDA CARI?

APAKAH  YANG ANDA CARI ?

Ratapan 3:17-25

 

PENDAHULUAN

1.Wabah virus Corona menyebabkan pula harga saham yang turun.

2.Mari kita tengok bacaan Alkitab untuk bertemu dengan orang orang yang kaya iman  kepada Tuhan Allah yang kekal ditengah masa sukar situasi mereka.

KONTEKS SITUASI

SEbelum kita berbicara tentang orang yang  kaya iman kepada Tuhan  Allah , mari kita lihat dulu situasi yang melatar belakanginya. Situasi bangsa Yehuda yang digambarkan adalah situasi yang menyedihkan sehingga cukup alasan penulis menuliskan ratapannya. Dikatakan masa lalu bangsa Yehuda adalah penuh kemasyuran tetapi masa kini mereka menyedihkan. Disana keadaan dilukiskan dengan keadaan kontras, kejayaan dan kesengsaraan (Rat.3:18,19); kekayaan dan kemikinan (Rat.4:5); sukacita dan kedukaan (Rat.5:15).

KASIH SETIA TUHAN

Ditengah situasi yang tidak menyenangkan diatas maka Kitab Ratapan bacaan kita mengedepankan akan kekayaan iman terhadap  Kasih Setia Tuhan yang tidak berkesudahan dan selalu baru setiap hari. Apa yang mau dikatakan ialah ditengah kesusahanpun orang orang beriman masih  mampu melihat kehadiran Tuhan dan kasih setiaNya yang tidak berkesudahan. Dalam menjalani kesusahan kiranya orang beriman tidak berfokus kepada kesusahan nya tetapi berfokus kepada Tuhan.

TUHAN ADALAH BAGIANKU

Penulis kitab Ratapan dalam kekayaan imannya mengatakan  Tuhan adalah bagianku. Tuhan yang kasih setia tadi bukan nya Allah yang tidak ada hubungannya dengan kita. Hubungannya adalah bahwa Dia adalah bagianku. Allah disini seperti harta dan ada yang menjadi bagianku. Bagianku harta dunia dapat lenyap, karena kebangkrutan,karena ditipu, karena sebab sebab lain, tetapi Allah yang menjadi bagianku tidak ada kuasa apapun yang dapat merampas.

TUHAN ITU BAIK

1.Terakhir penulis kitab Ratapan mengatakan Tuhan itu baik kepada mereka yan berharap dan mencari Dia.

2.Dalam konteks hidup anda sekarang, adakah keperluan mencari Tuhan Allah?

PENUTUP

1.Ucapan Bill Gate : “If you born poor it’s not your mistake, but if you die poor it’s your mistake.” Lain lagi ucapan Andrew Carnegie seorang kaya dalam sejarah Amerika yang mengatakan: “Sungguh memalukan seorang pria yang meninggal dalam kondisi kaya,”

2.Yang utama dan dan pertama tama yang menentukan seluruh perjalanan hidup adalah tekad untuk senantiasa mencari Tuhan.

Leave a Comment