DUA MODEL KEHIDUPAN

DUA MODEL KEHIDUPAN

1 Sam.2:11-26

PENDAHULUAN-

Pada zaman pandemic covid 19, ada  dua realita kehidupan, yang beruntung dan yang merugi, yang mengalami musibah, dan yang mengalami keberkatan.

Bacaan kita hari ini juga memperhadapkan dengan 2 realita model kehidupan yang berbeda dan bertolak belakang satu sama lainnya padahal mereka hidup pada zaman dan tempat yang sama.

MODEL KEHIDUPAN 1

Realita model kehidupan pertama diwakili oleh Hofni dan Pinehas. Mereka berdua adalah imam imam, anak imam Eli. Banyak catatan diberikan kepada mereka. Sayangnya bukan catatan yang baik tetapi catatan yang jelek yaitu berupa kejahatan mereka.

MODEL KEHIDUPAN 2

Model kehidupan kedua diwakili oleh Samuel. Ada unsur pengaruh jelek yang diperagakan oleh Hofni dan Pinehas sebagai lingkungna terdekat. Tetapi puji Tuhan Samuel tidak terpengaruh oleh kelakuan jahat dari Hofni dan Pinehas. Kehiduoan Samuel mendapat catatan penilaian yang baik sebagaimana di catat dalam 1 Sam.2:26 demikian:  “Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar s  dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia. t

PENUTUP

Para pendengar dimana posisi anda sekarang?

Tinggalkan gaya hidup model Hofni Pinehas dan  Biarlah gaya hidup Samuel menginspirasi dan menyemangatkan  anda..

Leave a Comment