KAYA ATAU MISKIN ?

KAYA ATAU MISKIN ?

TUHAN membuat miskin dan membuat kaya;  ( 1 Samuel 2:7)

PENDAHULUAN –

Minggu lalu kita sudah membahas nyanyian pujian Hana bagian pertama dan kini bagian berikutnya akan kita dalami.

MAU KAYA?

1.Dalam 1 Samuel 2:7 dikatakan TUHAN membuat miskin dan membuat kaya. Dari ayat ini kita berkesimpulan akan kuasa Tuhan yang luar biasa bisa menjadikan seseorang kaya atau miskin.

2.Mari kita lihat ayat bahwa Allah menjadikan kaya, kita sandingkan dengan ayat  lain.  Amsal 10:4 – “Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.”

MENJADI MISKIN.

1.SEjauh yang saya amati dalam Alkitab, tidak ada catatan dimana Tuhan membuat miskin orang perorangan. Yang tercatat adalah bahwa Tuhan membuat sebuah bangsa menjadi miskin bahkan rakyatnya ditumpas ketika bangsa Israel menduduki tanah Kanaan.

2.Ulangan 15:4 dikatakan – Tuhan tidak menginginkan atau berniat bahwa siapa pun hidup dalam kemiskinan. Yang benar juga adalah bahwa Allah menciptakan undang-undang dan praktek-praktek sosial untuk meminimkan dampak dari kesenjangan ekonomi oleh redistribusi kekayaan (Imamat  25), oleh sistem persepuluhan untuk memastikan keamanan pangan  untuk yang rentan (Ulangan 26:12), dengan kemurahan hati  (Imamat 23:22), pinjaman tanpa bunga (Keluaran 22:25) perwakilan hukum yang imparsial.

PENUTUP

.Perjanjian Baru mewartakan berkat Allah  yang lebih besar  karena Dia memberi kekayaan yang sejati bersifat kekal dan tidak ada bandingannya. Yohanes 3:16 mengatakan : Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Leave a Comment