PENGHIBURAN SEJATI

PENGHIBURAN SEJATI
II Kor.1:3-11

PENDAHULUAN
Manusia dalam hidupnya didunia ini butuh hiburan

BACAAN DARI II KORINTUS 1: 3-11
Pengalaman rasul Paulus yang menerima penghiburan dari Tuhan, memampukan ia pula untuk menghibur anggota anggota jemaat yang menghadapi berbagai pencobaan dan penderitaan.

Tema Buku Katekisasi Heidelberg
Buku tadi dimulai dengan pertanyaan-apakah satu satunya penghiburan sdr, baik pada masa hidup, maupun pada waktu mati ? Jawabnya: Bahwa aku , dengan tubuh dan jiwaku, baik pada masa hidup, maupun pada waktu mati, bukan milikku, melainkan milik Yesus Kristus, juru selamatku yang setia. Jawaban ini merujuk ke Roma 14:9 yang telah kit abaca yang mengatakan : Sebab jika hidup, kita hidup untuk Tuhan dan jika kita mati,kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup ataupun mati, kita adalah milik Tuhan.

Penghiburan Sejati
Menurut Alkitab dan buku katekisasi tadi satu satunya penghiburan yang sejati adalah bahwa kita sudah menjadi milik Yesus. Dengan perkataan lain dapat dirumuskan penghiburan yang sejati adalah kita memiliki Yesus.
Hal ‘memiliki’ dan ‘merasa dimiliki’ adalah sesuatu yang sangat penting.

Apa Artinya Memiliki dan Menjadi MiIik Kristus.
Menurut Buku Katekisasi Heidelberg ada 5 arti penting yang harus diperhatikan kalau dikatakan bahwa kita menjadi milik Kristus.

PENUTUP
Satu satunya penghiburan kita baik dalam hidup maupun mati tidak lain karena kita telah menjadi milik Yesus Kristus. A m i n.