TAWA DAN AIR MATA

TAWA DAN AIR MATA

Matius 2:13-15

PENDAHULUAN

Peristiwa kelahiran Yesus diperingati dengan meriah. Bagaimana dengan peristiwa berikutnya dimana bayi Yesus beserta kedua orang tuanya menjadi pengungsi ke Mesir?

KELUARGA YUSUF MENJADI PENGUNGSI

1.Peristiwa yang memprihatinkan keluarga Yusuf, Maria dan bayi Yesus dimana mereka harus menjadi pengungsi ke Mesir  dipaparkan dalam bacaan kita. membahayakan tahta Herodes. Pengungsian adalah tindakan untuk menghindarkan bahaya.

2.Aplikasi rohani dari .Pendeta DR Hymers . Ketika orang Kristen menghadapi bahaya terhadap keberlangsungan iman Kristiani , mereka juga disana sini harus mengungsi atau keluar dari lingkungan mereka yang jahat dan mengancam iman Kristiani.

MASALAH YANG TIDAK KUNJUNG SELESAI

1.Berbicara tentang keluarga Yusuf sebagai pengungsi ternyata masalah pengungsi adalah masalah yang actual sepanjang masa. Jadi bukan masalah zaman dulu saja, tetapi juga masalah masa kini dan masa yang akan datang selama masih ada peperangan, kejahatan dan penganiayaan.

2.SEbagai orang Kristen kita mempunyai kesempatan untuk memberitakan bahwa ada  pengharapan baru didalam Kristus yang akan mendatangkan langit baru, bumi baru yang bebas dari peperangan dan berbagai kejahatan sehingga tidak aka nada lagi pengungsian.

PENUTUP

Pesta Natal dengan segala gelak tawanya akan selesai. Kita akan melanjutkan hidup dimana tangis dan air mata menjadi bagian dari perjalanan kehidupan, tetapi senantiasa didalam keyakinan akan penyertaan Tuhan Yesus  yang menyiapkan kita memasuki tahun baru 2020.

Leave a Comment