A GRIEF OBSERVED

1.”A Grief Observed” adalah buku yang sangat pribadi dan jujur karya C.S. Lewis . Dia sendiri adalah professor, sastra di universitas Oxford, penulis fiksi¬† dengan seri The Chronicle of Narnia, ¬†dan Apologet Kristen.

Buku ini adalah catatan dari pengalamannya dalam berduka setelah kematian mendadak istrinya, Joy Davidman.

2.Di bawah ini adalah ringkasan singkat dari buku tersebut:

2.1. Awal dari Kehilangan: Buku ini dimulai dengan Lewis mencatat perasaan dan pengalaman awalnya setelah kematian Joy. Ia merasa hancur dan kehilangan, dan ia mencoba mencari makna dalam kehidupannya yang terasa hampa.

2.2. Proses Berduka: Lewis merinci bagaimana proses berduka mengguncangnya secara emosional dan spiritual. Ia merasa amarah, kebingungan, dan kesedihan yang mendalam. Ia juga merenungkan keraguan dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikirannya tentang iman dan Tuhan.

2.3. Perubahan dalam Pandangan tentang Tuhan: Selama perjalanan berduka ini, Lewis mencatat perubahan dalam pandangan dan pemahamannya tentang Tuhan. Ia mencari pemahaman yang lebih dalam tentang teodisi (pembenaran Allah dalam menghadapi penderitaan) dan menghadapi ketidakmengertian yang mendalam.

2.4. Kembalinya Keiman: Meskipun ia merenungkan keraguan dan kehilangan, Lewis akhirnya menemukan kembalinya keiman. Ia memahami bahwa kehilangan dan penderitaan adalah bagian alami dari kehidupan dan bahwa Tuhan masih hadir dalam penderitaan tersebut.

2.5. Proses Penyembuhan: Buku ini juga mencerminkan perjalanan penyembuhan Lewis seiring berjalannya waktu. Ia belajar untuk menerima kehilangan dan melanjutkan hidupnya dengan mengenang Joy dengan rasa syukur atas waktu yang mereka habiskan bersama.

6.Secara keseluruhan, “A Grief Observed” adalah catatan yang jujur, dalam, dan sangat emosional tentang perjalanan berduka C.S. Lewis setelah kehilangan istrinya. Buku ini menggambarkan perjalanan dari keputusasaan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang iman dan penderitaan, dan bagaimana seseorang dapat mendapatkan kembali makna dalam kehidupan setelah kehilangan yang mendalam.