SAKSI DI PENGADILAN

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 12 -SIDANG PENGADILAN DMITRI

 

01.PARA PENONTON DAN SAKSI  SIDANG

1.Pengadilan Dmitri terbuka untuk public  sehingga mendatangkan banyak orang yang ingin tahu kisah itu  lebih lanjut.  Ruang sidang dipenuhi oleh penonton, kebanyakan wanita, Menariknya, banyak dari mereka yang mengharapkan pembebasan Dmitri. Sebagian besar pria di persidangan tidak simpatik terhadap Dmitri dan berharap agar ia dijatuhi hukuman . Banyak orang juga datang dengan maksud ingin  menyaksikan konfrontasi dramatis antara Katerina dan Grushenka. Desas-desus tentang kedua wanita itu telah merebak  dan  masyarakat haus akan berita pertikaian.

2.Ketika berita itu diumumkan bahwa  Smerdyakov tidak akan muncul sebagai saksi karena dia telah bunuh diri, Dmitri berseru, “Seekor anjing mati untuk anjing!” (kematian yang layak untuk orang hina). Ketika ditanya bagaimana dia akan mengaku bersalah, Dmitri melanjutkan pembicaraannya  tentang bagaimana dia bersalah terhadap banyak orang. Antara lain Dia mengatakan bahwa dia bersalah atas “mabuk dan perilaku tidak tertib … kemalasan dan hidup dengan pesta pora.” Namun dia mengatakan dia “telah memutuskan untuk menjadi pria yang baik” selama sisa hidupnya ketika dia ditangkap karena kejahatan ini, yang tidak dia lakukan . Dia menyatakan  “tidak bersalah” atas dakwaan terhadapnya, tetapi semua orang, termasuk para pendukungnya, tahu bahwa jaks  memiliki cukup banyak kasus terhadapnya.

3.Pengacara Dmitri dengan cekatan mendiskreditkan saksi yang bersaksi melawan Dmitri, seperti Kapten Snegiryov, Rakitin, dan Grigory, mengutip kemungkinan motif tersembunyi yang mungkin dimiliki masing-masing saksi. Pengacaranya sangat terampil, dan ia berdebat sangat fasih untuk Dmitri. Alyosha tidak didiskreditkan karena dia dikenal karena kejujurannya yang tidak perlu dipertanyakan lagi, dan dia mengajukan pendapat bahwa Dmitri tidak bersalah.  Alyosha mengutip percakapannya dengan saudaranya yang membuktikan bahwa Dmitri memang memiliki sejumlah besar uang sebelum pembunuhan itu terjadi. Alyosha berpendapat bahwa untuk uang 3.000 rubel dari Fyodor tidak mungkin menjadi motif Dmitri untuk pembunuhan itu. Kesaksian ini membuktikan bahwa Dmitri tidak mencuri uang yang ditemukan polisi pada orangnya; dia memiliki uang  sebelum pembunuhan.

4.Katerina membela Dmitri dengan menceritakan kisah-kisah tentang Dmitri yang menunjukkan bahwa dia adalah pria terhormat . Dia mengatakan bahwa Dmitri tidak memeras atau merayunya meskipun dia punya kesempatan. Kesaksian Katerina membuat Dmitri kesal, karena dia percaya ini akan mencemarkan  Namanya sendiri, tetapi dia tetap menceritakan kisah itu untuk membantu pria yang telah dia bersumpah untuk mendukung dan menghargainya.

5.Tiba-tiba Ivan muncul di ruang sidang, dan ketika diperiksa silang, ia terbukti tidak banyak membantu siapa pun. Dia jelas tidak sehat, dan dia tidak masuk akal. Dia tidak memberikan bukti terhadap Smerdyakov; dia nyaris tidak memberikan bukti sama sekali. Tetapi ketika dia meninggalkan ruang sidang, dia menunjukkan kepada pengadilan 3.000 rubel yang diberikan Smerdyakov kepadanya. Dia menegaskan bahwa Smerdyakov membunuh dan merampok Fyodor dan bahwa 3.000 rubel adalah uang darahnya. Dia menambahkan bahwa dia telah dikunjungi oleh iblis — dan orang-orang mulai menggerutu. Karena kegilaannya yang nyata, kesaksiannya terhadap  Smerdyakov dianggap tidak berlaku , dan ia dikeluarkan dari ruang sidang.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-12

https://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Diantara para saksi ada golongan yang mau membertakn Dmitri m tetapi ada pula yang membela Dmitri, disamping khalayak yang hanya ingin tahu saja.

2.Kalau suatu hari kita menjadi saksi dipersidangan, biarlah kita menjadi saksi yang benar, bebas dari rasa sentiment terhadap terdakwa atau lebih buruk lagi dengan maksud mencelakakan terdakwa.  Tuhan Yesus katakana, Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak.

3.Dalam hidup sehari hari sebagai orang Krsiten  kita telah ditetapkan sebagai saksi Kriistus yaitu untuk bercerita tentang siapa Yesus sebenarnya, apa yang telah dikerjakanNya dan apa yang ditawarkan kepada manusia masa kini.

 

Leave a Comment