KISAH RASUL 17

RINGKASAN KIS RAS 17

Keributan di Tesalonika (17:1-9)
Paulus dan Silas di Berea (17:10-15)
Paulus di Atena (17:16-34)

1.Rasul Paulus dan Silas mengabarkan injil di Tesalonika. Tiga hari sabat berturut turut mengunjungi rumah ibadat (sinagoge) dan mengabarkan injil kepada orang orang Yahudi dan orang orang Yunani. Banyak dari antara mereka menjadi percaya dan pengikut Kristus. Keributan ditimbulkan oleh orang orang dari agama Yahudi yang menghasut orang di pasar dan menyerbu rumah Yason tempat rasul rasul menginap tetap tidak dapat menangkap kedua rasul tadi.

2.Sukses penginjilan diulangi di Berea sehingga banyak orang Yahudi dan Yunani yang percaya, tetapi lagi lagi pengacau datang membuat huru hara sehingga Paulus harus meninggalkan Berea sementara Silas dan Timotius tinggal untuk sementara di Berea.

3.Penginjilan di Atena dilakukan di rumah rumah ibadat orang Yahudi ,juga di pasar pasar dimana terdapat banyak kesempatan dan tidak ketinggalan di Areopagus sebuah gedung bergengsi tempat bertukar pikiran . Atena  merupakan pusat intelektual yang paling terkenal di dunia. Paulus menjadi sangat prihatin melihat bagaimana kota itu penuh dengan patung-patung berhala.

Paulus berhasil menciptakan suasana yang kondusif sehingga orang-orang Atena yang haus akan pengajaran dan senang berdialog (21), menjadi terbuka terhadap apa yang Paulus beritakan (19-20).  Ia menjabarkan bahwa seluruh alam semesta dan sejarah manusia berpusat kepada Allah (26-28). Ia juga menyatakan bahwa seluruh umat manusia sudah mengenal semua itu melalui alam dan wahyu umum (28). Kemudian Paulus menyatakan siapakah Yesus (31).Respons ada yang percaya dan juga tidak ketinggalan yang menolak pemberitaan injil rasul Paulus.

4.Ayat mas Kis Ras 17:28-
Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada,  seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga.