KEJADIAN 9:21 – DOSA NUH

BIBLE STUDY GLOBAL

DOSA NUH (Kejadian 9:21)

Di awal kisahnya, Nuh dikenal sebagai orang benar dan hidup bergaul dengan Allah (Kej. 6:9).  Nuh dalam pandangan kita  sempat menjadi tokoh idola karena beriman dan taat kepada Tuhan , tetapi dia ternyata bukan orang yang sempurna. Dalam Kejadian 9:21 kepada  kita diperhadapkan dengan Nuh yang jatuh dalam dosa mabuk ketika minum anggur berlebihan.

 

Ada satu kutipan yang mengatakan: It’s always shocking and sad when a good man sins. When I

hear of a Christian leader who has fallen, my initial response is usually,

“I can’t believe it! How could it happen?”

 

Pertanyaan Diskusi

1.Apakah berdasarkan kisah ini kita dapat membenarkan diri kalau kita mau memrpraktekkan dosa dengan mengatakan Nuh saja masih berbuat dosa??

2.Bagaimanakah seharusnya kita sebagai orang Kristen berurusan  dengan dosa?

 

Jawab Dari Salah Seorang peserta

1.Tidak dibenarkan

2.Tetap tidak terhadap dosa!❌???? dengan ayat SBB;

Roma 6:1, 5-7, 12-14 (TB)

1 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?

5 Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

7 Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.

12 Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.

13 Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

14 Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.

 

Sebagai orang Kristen kita masih dapat berdosa tetapi bukan berarti ini merupakan lisensi( surat izin) untuk terus berbuat dosa.

Tambahan dari pemimpin Bible Study:

Ajakan Firman adalah Efesus 4:27 jangan beri kesempatan kepada iblis dan baca referensi dari Roma 6:1,5-7,12-14 seperti dapat dibaca diatas, khususnya Roma 6:13 dan janganlah kamu menyerahkan anggota anggota tubuhmu kepada dosa

THANK YOU

 

Leave a Comment