A. Janji Allah yang dibuat dalam Perjanjian lama sekarang telah digenapi dengan kedatangan Yesus, sang Mesias. (Kis 2:30; 3:19,24; 10:43; 26:6-7,22; Rom 1:2-4; I Tim 3:16; Heb 1:1-2; I Pet 1:10-12; 2 Pet 1:18-19).
B. Yesus diurapi sebagai Mesias oleh Allah pada saat Ia dibaptis (Kis 10:38).
C. Yesus memulai pelayanaNya di Galilea setelah Ia dibaptis (Kis 10:37)
D. PelayananNya bercirikan dengan berbuat baik dan mengadakan mujizat dengan kuasa yang dari Allah (Mar 10:45; Kis 2:22; 10:38)
E. Mesias mati di salib sesuai dengan maksud tujuan dari Allah (Mar 10:45; Yoh 3:16; Kis 2:23; 3:13-15,18; 4:11; 10:39; 26:23; Rom 8:34; I Kor 1:17-18; 15:3; Gal 1:4; Ibr 1:3; I Pet 1:2,19; 3:18; I Yoh 4:10).
F. Ia dibangkitkan dari kematian dan menampakkan diri kepada murid-muridNya (Kis 2:24,31-32; 3:15,26; 10:40-41; 17:31; 26:23; Rom. 8:34; 10:9; I Kor. 15:4-7,12a; I Tes. 1:10; I Tim. 3:16; I Pet 1:2; 3:18,21).
G. Yesus ditinggikan oleh Allah dan diberi nama “Tuhan” (Kis 2:25-29,33-36; 3:13; 10:36; Rom. 8:34; 10:9; I Tim. 3:16; Ibr. 1:3; I Pet 3:22).
H. Ia memberikan Roh Kudus untuk membentuk masyarakat baru dari Tuhan. (Kis 1:8; 2:14-18,38-39; 10:44-47; I Pet 1:12).
I. Ia akan datang kembali unuk mengadili dan memulihkan segala sesuatu. (Kis 3:20-21; 10:42; 17:31; I Kor. 15:20-28; I Tes. 1:10).
J. Semua yang mendengar berita injil harus bertobat dan dibaptiskan. (Kis 2:21,38; 3:19; 10:43,47-48; 17:30; 26:20; Rom. 1:17; 10:9; I Pet 3:21).
Skema ini berfungsi sebagai proklamasi yang hakiki dari gereja mula-mula, walau penulis-penulis Perjanjian Baru lain mungkin meninggalkan satu bagian dan menekankan bagian lain dalam khotbah mereka. Keseluruhan Injil markus secara dekat mengikuti aspek pengaruh Petrus . Matius dan Lukas mengikuti struktur dasar Markus.