ROH KUDUS

TEOLOGIA SISTIMATIKA

TS 26-SIAPAKAH ROH KUDUS ?

 

1.Ada banyak pengertian yang salah mengenai identitas Roh Kudus. Sebagian orang menganggap Roh Kudus sebagai suatu kuasa mistik. Yang lainnya berpendapat Roh Kudus sebagai kuasa yang Allah berikan kepada para pengikut Kristus.

2.Apa yang Alkitab katakan mengenai identitas Roh Kudus? Secara sederhana – Alkitab mengatakan bahwa Roh Kudus adalah Allah.   Alkitab juga mengatakan bahwa Roh Kudus adalah sebuah Pribadi yang memiliki akal budi, perasaan dan kehendak.

3.Fakta bahwa Roh Kudus adalah Allah, dapat dilihat dengan jelas dalam rujukan ayat-ayat di Alkitab, termasuk Kisah Para Rasul 5:3-4. Dalam ayat ini, Petrus menegur Ananias yang berbohong kepada Roh Kudus dan memberitahu dia bahwa Ananias bukan “mendustai manusia tetapi mendustai Allah.”
Ini merupakan pernyataan yang jelas bahwa ketika seseorang berbohong kepada Roh Kudus, sama juga berbohong kepada Allah. Kita juga mengetahui bahwa Roh Kudus adalah Allah karena Dia memiliki atribut-atribut atau karakteristik-karakteristik Allah.

4.Contoh bahwa Roh Kudus itu Mahahadir dapat dilihat dalam Mazmur 139:7-8: “Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.”

5.Kemudian di dalam 1 Korintus 2:10, kita menemukan kemahatahuan dari Roh Kudus. “Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.”

6.Kita mengetahui bahwa Roh Kudus adalah sebuah Pribadi karena Dia memiliki akal budi, perasaan dan kehendak. Roh Kudus berpikir dan mengetahui (1 Korintus 2:10). Roh Kudus dapat berduka (Efesus 4:30). Roh Kudus berdoa syafaat bagi kita (Roma 8:26-27). Roh Kudus membuat keputusan sesuai dengan kehendakNya (1 Korintus 12:7-11).

7.Roh Kudus adalah Allah, “Pribadi” ketiga dari Allah Tritunggal.
Sebagai Allah, Roh Kudus dapat betul-betul berfungsi sebagai Penghibur dan Penasehat yang Yesus janjikan (Yohanes 14:16, 26; 15:26).

8.Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah Trinitas. Roh Kudus adalah Allah sendiri yang keluar dari Bapa dan diutus oleh Bapa. Apa makna bahwa Roh Kudus “keluar dari” Bapa di dalam Yohanes 15:26 ? Artinya Roh Kudus tidak dicipta, melainkan memiliki esensi yang sama dengan Bapa dan Anak. Pernyataan tersebut juga menunjukkan adanya hubungan yang khusus dan unik antara Roh Kudus dan Bapa. Roh Kudus bukan Allah yang baru, Dia adalah Allah, sama pikiran-Nya, sama kehendakNya. Alkitab memberikan bukti bahwa didalam karya Allah, Roh Kudus turut serta di dalamnya. Misalnya: dalam karya penciptaan (Kej. 1:2); dalam karya penebusan, Roh Kudus menggerakkan, melahirbarukan (Yoh. 3:3-5), Roh Kudus berperan menguduskan umat pilihan-Nya yang telah ditebus oleh Kristus (1 Pet. 1:2); berkarya dalam pewahyuan (2 Pet. 1:20-21). Jadi, perlu dipahami bahwa Roh Kudus bukan pribadi yang lebih rendah dari Allah Bapa atau Anak, tetapi Dia adalah Allah yang juga menyatakan, dan mengerjakan karya-karya Allah yang teramat besar. Ia menyampaikan kebenaran Kristus, dan meneguhkan kembali apa yang dikatakan Kristus.

 

SUMBER:

https://www.gotquestions.org/Indonesia/siapakah-Roh-Kudus.html

https://gkazion.wordpress.com/2012/06/10/siapakah-roh-kudus-itu/

 

Leave a Comment