TOPIK KHUSUS- PENGURAPAN


TOPIK KHUSUS: PENGURAPAN DI DALAM ALKITAB .
II TES.2: 14Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.
“Kristus” Ini adalah transliterasi dari istilah Ibrani untuk “Mesias” yang secara harfiah adalah “Yang diurapi.” Dalam PL tiga jenis jawatan yang berbeda diurapi: nabi, imam, dan raja. Ini adalah suatu simbol dari panggilan dan pembekalan Tuhan untuk layanan khusus. Yesus memenuhi kesemua tiga jawatan PL ini (lih. Ibr 1:2-3).

PEMAKAIAN ISTILAH PENGURAPAN DI ALKITAB
A.Digunakan untuk memperindah (lih. Ul 28:40; Rut 3:3; II Sam 12:20; 14:2; II Taw 28:1-5; Dan 10:3; Ams 6:6; Mik 6:15)

B Digunakan untuk para tamu (lih. Maz 23:5; Luk 7:38,46; Yoh 11:2)

C Digunakan untuk penyembuhan (lih. Yes 6:1; Yer 51:8; Mar 6:13; Luk 10:34; Yak 5:14) [digunakan dalam pengertian kebersihan/kesehatan dalam Yeh 16:9]

D Digunakan untuk persiapan penguburan (lih. Kej 50:2; II Taw 16:14; Mar 16:1; Yoh 12:3,7; 19:39-40)

E Digunakan dalam pengertian keagamaan (mengeni suatu obyek, lih. Kej 28:18,20; 31:13 [suatu tiang]; Kel 29:36 [mesbah]; Kel 30:36; 40:9-16; Im 8:10-13; Bil 7:1 [tabernakel)

F Digunakan untuk melantik para pemimpin
1. Imam-imam
a. Harun (lih. Kel 28:41; 29:7; 30:30)
b. Anak-anak Harun (Kel 40:15; Im 7:36)
c. Frasa baku atau gelar (Bil 3:3; Im 16:32)

2. Raja-raja
a. Oleh Allah (lih. I Sam 2:10; II Sam 12:7; II Kgs 9:3,6,12; Maz 45:7; 89:20)
b. Oleh para nabi (lih. I Sam 9:16; 10:1; 15:1,17; 16:3,12-13; I Raj 1:45; 19:15-16)
c. Oleh para imam (lih. I Raj 1:34,39; II Raj 11:12)
d. Oleh para penatua (lih. Hak. 9:8,15; II Sam 2:7; 5:3; II Raj 23:30)
e. Digunakan mengenai Yesus sebagai raja keMesiasan (lih. Maz 2:2; Luk 4:18 [Yes 61:1]; Kis 4:27; 10:38; Ibr. 1:9 [Maz 45:7])
f. Digunakan mengenai para pengikut Yesus (lih. II Kor 1:21; I Yoh 2:20,27 [kharisma])

3. Kemungkinan mengenai para nabi (lih. Yes 61:1)
4. Orang-orang bukan orang percaya yang membantu pelepasan Illahi a. Koresh (lih. Yes 45:1) b. Raja Tirus (lih. Yeh 28:14, di mana Yehezkiel menggunakan penggambaran Taman Eden)

5. Digunakan sebagai gelar “Mesias” yang artinya “Yang Diurapi”

SUMBER:
http://www.freebiblecommentary.org/pdf/ind/VOL07_indonesian.pdf