VARIAN OMICRON

Omicron: Gejala-gejala terkena varian baru virus corona menurut dokter yang mendeteksi di Afrika Selatan

29 November 2021

ttps://www.bbc.com/indonesia/dunia-59459960

Salah seorang dokter pertama di Afrika Selatan yang mendeteksi varian virus corona, Omicron, Angelique Coetzee, mengatakan pasien-pasien yang terkena varian tersebut sejauh ini bergejala ringan dan bisa rawat jalan di rumah.

“Keluhan yang disampaikan pasien [Omicron] biasanya adalah mereka merasa sangat capek selama satu atau dua hari. Gejala lain adalah, sakit kepala dan badan terasa sakit. Tenggorokan serak,” kata Coetzee dalam wawancara dengan BBC.

“Mereka tidak batuk-batuk, tidak juga kehilangan indra penciuman maupun indra rasa,” katanya.

Ia menjelaskan “gejala pada tahap ini tak beda jauh dengan infeksi virus normal”.

“Karena kami tak mendapati kasus [baru] Covid-19 dalam delapan hingga 10 pekan terakhir, kami memutuskan untuk melakukan tes,” katanya.

Ia menggambarkan gejala-gejala “sangat ringan” dan sejauh ini belum ada pasien Omicron yang harus menjalani perawatan di rumah sakit

 

Apa itu varian Omicron?

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-59453949

Varian dengan kode B.1.1.529 pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021.

Dua hari kemudian, tim peneliti independen Technical Advisory Group on SARS-COV-2 Virus Evolution (TAG-VE) melakukan penilaian dan memasukkan varian baru ini ke dalam kategori Variant of Concern (VOC).

“Berdasarkan bukti yang disajikan, mengindikasikan perubahan yang merugikan dalam epidemiologi Covid-19, TAG-VE telah menyarankan kepada WHO bahwa varian ini harus ditetapkan sebagai VOC, dan WHO telah menetapkan B.1.1.529 ke dalam VOC, dengan nama Omicron,” tulis¬†keterangan WHO. Omicron adalah huruf ke-15 dalam alfabet Yunani.

VOC merupakan kategori tertinggi bagi varian virus Covid-19 terkait dengan penularan, gejala penyakit, risiko menginfeksi ulang, dan mempengaruhi kinerja vaksin. Sebelumnya, varian virus yang dikenal cepat menyebar yaitu Alpha, Beta, Gamma dan Delta masuk ke dalam kategori ini.