DMITRI DITANGKAP

KARAMZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 9-INVESTIGASI  AWAL

 

02.DMITRI DITANGKAP POLISI

1..Polisi menangkap Dmitri, yang terperangah dengan tuduhan itu. Dia mengatakan dia pernah “berpikir untuk membunuhnya, tetapi [dia] tidak melakukannya.” Grushenka bersumpah dia akan tetap di sisi Dmitri, tetapi ini tidak membantu situasinya; Grushenka  berasumsi Dmitri  telah membunuh Fyodor, dan Grushenka  dengan penuh kasih mengatakan bahwa sebenarnya  dialah yang  harus disalahkan karena telah mendorong Dmitri  untuk melakukannya. Niat baiknya menjadi bumerang ketika dia mengatakan dia akan “mengikutinya ke tiang gantungan.” Tidak seorang pun, bahkan Grushenka yang dicintainya, percaya bahwa dia tidak bersalah.

2.Dari kehadirannya di tempat kejadian kejahatan pada malam pembunuhan hingga kebenciannya terhadap Fyodor hingga pengakuannya bahwa ia membutuhkan 3.000 rubel — jumlah persis yang Fyodor sisihkan untuk Grushenka — fakta-fakta ditumpuk untuknya.

3.Dmitri  berpikir bahwa dia telah membunuh Grigory, dan ketika mereka memberitahunya Grigory telah pulih, dia sangat gembira. Hati nuraninya jelas, dan dia memberi tahu para jaksa bahwa berita ini telah “membuat dia menjadi orang  baru” . Dmitri  mengatakan kepada mereka untuk menuliskan bahwa dia “bersalah atas perilaku yang tidak tertib, bersalah karena melakukan kekerasan menyerang dan menyakiti Grigory yang malang,” tetapi  kalau dikatakan bahwa ia telah membunuh ayahnya itu adalah sesuatu yang  “tidak masuk akal, sama sekali tidak masuk akal!”

4.Dmitri  kemudian mengatakan bahwa dia mengerti mengapa dia dicurigai melakukan kejahatan ini. Dia mengakui bahwa dia pernah  mengancam ayahnya, menyerang ayahnya, dan berjanji akan membunuh ayahnya di depan banyak saksi. Dia tertawa, “Aku tidak bisa membayangkan siapa selain aku yang bisa membunuhnya!” Ketika mereka bertanya siapa lagi yang tahu masalah ancaman ini dia menunjuk kepada  Smerdyakov. Ironisnya, dalam kasus ini Dmitri mengatakan dia tidak berpikir Smerdyakov mampu melakukan kejahatan seperti itu.

5.Ketika Dmitri digeledah, polisi menemukan 1.500 rubel pada dirinya, dan dia harus mengakui kebenaran yang memalukan bahwa dia hanya menggunakan setengah dari uang yang dipinjamkan Katerina padanya dalam foya foyanya bersama Grushenka. Dia menyimpan sisanya. Padahal berkali kali Dmitri menyatakan  bahwa dia menghabiskan 3000 rubel untuk berselingkuh dengan Grushenka.

6.Setelah semua saksi diwawancarai, Dmitri ditahan. Pengacaranya berjanji bahwa mereka akan bekerja keras untuk membebaskannya dari pembunuhan itu. Mereka mengatakan kepadanya bahwa mereka percaya bahwa dia adalah pria yang baik dan “korban dari keadaan yang tidak bahagia.” Dmitri mengucapkan selamat tinggal kepada Grushenka, yang mengatakan dia akan tetap di sisinya selamanya. Dalam keputus-asaan, Dmitri dibawa pergi karena banyak penonton menyaksikan tersangka pembunuh dibawa pergi.

 

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-9

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.HIdup Dmitri persis seperti Fyodor ayahnya, main perempuan, boros, miunm minum, dan berani konfrontasi dengan ayahnya didepan umum dan juga rebutan pacar dengan ayahnya. Ketika ayahnya terbunuh maka dia menjadi tersangka utama dan ditangkap.

2.Biarlah hidup Kristen kita jangan menjadi seperti Dmitri karena akan memberi kesaksian buruk, mendukakan Krsitus. Biarlah hidup kita menjadi saksi yang baik yang membawa keharuman nama Tuhan Yesus.

 

 

 

Leave a Comment