PERHOTIN

KARAMZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 9-INVESTIGASI  AWAL

 

01.PERHOTIN MENCARI INFORMASI

1.Perhotin bertekad untuk mencari tahu apa yang sedang dilakukan Dmitri ketika mereka itu saling bertemu. Merasa gelisah , ia menelusuri kembali langkah Dmitri pada malam pembunuhan itu, dan mengumpulkan  informasi dari semua orang yang ia temui. Dia berbicara dengan Fenya, yang memberitahunya Dmitri membawa palu ketika dia lari untuk melihat Grushenka. Ketika dia kembali, dia tidak membawa  palu , tetapi pada tangannya  ada darah yang menetes. Perhotin berpikir untuk mengunjungi rumah tangga Karamazov secara langsung, tetapi ia tidak ingin menimbulkan skandal jika tidak ada yang  benar-benar terjadi. Dia memutuskan untuk melakukan lebih banyak pekerjaan detektif sebelum beralih ke Fyodor Karamazov.

2.Perhotin malah mengunjungi Madame Hohlakov. Dia muncul larut malam dan, dia dalam keadaan migrain dan sangat gelisah setelah bertemu Dmitri pada siangnya. Perhotin  bertanya padanya apakah dia meminjamkan Dmitri 3.000 rubel. Ketika dia mengakui bahwa dia tidak meminjamkan uang , keduanya menduga bahwa Dmitri pasti telah merampok seseorang, dan mereka takut itu adalah Fyodor Karamazov. Karena dia telah menemukan informasi yang cukup berbobot ini , Perhotin memutuskan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang. Tetapi ketika dia tiba di rumah inspektur polisi, tempat itu gempar karena Fyodor Karamazov telah dibunuh dan dirampok.

 

3.Di rumah pelayan di rumah Fyodor Karamazov, Marfa bangun untuk mendengar Smerdyakov menjerit, yang selalu menandakan salah satu penyakit epilepsinya sedang kumat. Dia tidak dapat menemukan Grigory untuk membantu anak lelaki angkat mereka, dan dia mulai khawatir. Dia mendengar erangan yang datang dari kebun, dan dia ingat pada malam mereka menemukan Smerdyakov dengan ibunya yang sedang sekarat. Dia menemukan Grigory berlumuran darah, dan sedang  bergumam, “Dia membunuh ayahnya.” Memang, ketika Marfa  melihat Fyodor, dia melihat bahwa  di punggungnya berlumuran darah. Bingung dan histeris, Marfa berlari ke rumah tetangga mereka.

4.Setelah tetangga mendengar semuanya tadi, mereka pergi ke rumah inspektur polisi untuk menjelaskan apa yang terjadi di rumah Karamazov. Tengkorak Fyodor telah hancur, dan amplop yang dia simpan dengan jelas untuk Grushenka telah terkoyak dan dikosongkan. Perhotin memberi tahu inspektur polisi bahwa Dmitri menyatakan akan menembak dirinya sendiri. Sementara Perhotin khawatir tentang Dmitri dan ingin menemukannya sebelum dia bunuh diri, inspektur polisi yakin bahwa Dmitri adalah tersangka utama — dia berkata, “Persis seperti itulah orang yang putus asa seperti itu berpikir: ‘Saya akan bunuh diri besok, tapi sebelum aku mati aku akan bersenang-senang. ‘”Petugas medis distrik yang pergi ke rumah tangga Karamazov untuk memeriksa mayat membutuhkan sesuatu dari Smerdyakov. Dia mencatat bahwa kejang Smerdyakov tidak biasa, dan dia secara khusus memperkirakan bahwa Smerdyakov akan mati pada pagi hari.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-9

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Hidup Fyodor yang main perempuan, minum dan mabuk mabuk, tidak perhatian terhadap anak, bahkan rebutan pacar dengan anak pertamanya Dmitri, berakhir dengan kematian. Kisahnya menjadi buah bibir orang sekota dimana ia tinggal.

2.Kalau sampai waktunya kita meninggal, apa yang yang menjadi pembicaraan orang mengenai diri kita?  Apakah hidup yang baik? Atau hidup yang tdaik baik?

Leave a Comment