KISAH RASUL 23

RINGKASAN KIS RAS 23

23:1 Ketika Paulus menyatakan alasannya,.
23:7 Perselisihan di antara para penuduhnya.
23:11 Allah menguatkan dia.
23:14 Orang Yahudi berkomplot untuk membunuh Paulus,
23:20 diputuskan oleh kepala pasukan.
23:27 Dia mengirimnya ke wali negeri Feliks.

1.Kepala pasukan militer kota Yerusalem membawa Paulus kehadapan mahkamah agama yahudi yang tediri dari 2 blok besar yaitu golongan Farisi dan golongan Saduki. Paulus langsung saja bersaksi bahwa ia juga orang Farisi dan ia ditangkap karena pengharapannya terhadap  kebangkitan orang mati. Langsung saja isu ini menimbulkan perdebatan sengit diantara orang Farisi yang percaya kebangkitan dan golongan Saduki yang tidak percaya kebangkitan. Karena situasi makin memanas dan dikuatirkan terjadi kerusuhan maka kepala pasukan langsung bertindak mengeluarkan Paulus dari mahkamah agama untuk dibawa kembali ke markas.

2.Karena ada komplotan 40 orang Yahudi fanatic ekstrimis yang mau membunuh Paulus, maka kepala pasukan militer yang bernama  Klaudisius Lisias  mengirimkan Paulus ke Kaisaria malam itu juga dengan pengawalan pasukan yang ketat. Di Kaisaria pasukan Romawi akan menyerahkan Paulus untuk diperiksa oleh wali negeri Feliks (gubernur Romawi untuk provinsi Kaisaria) karena Paulus mengaku sebagai warga negara Romawi dengan para penuduhnya dari kaum agamawan Yahudi dengan tuduhan soal hukum Taurat.

3.Peristiwa-peristiwa ini membuat Paulus merasa bahwa firasat-firasatnya yang paling buruk mengenai penderitaannya di Yerusalem (20:22-24) kemungkinan akan terwujud. Pada malam hari itu dia memperoleh suatu penglihatan meyakinkan bahwa dia akan lolos dari Yerusalem sehingga bisa bersaksi di Roma. Alkitab mencatat bahwa Tuhan menampakkan diri tiga kali kepada Paulus untuk meyakinkan dia (Kis 18:9-10; 22:17-18; 23:11; bd. Kis 27:23-24)

4.Penghiburan firman Tuhan disini adalah dalam setiap kesulitan Tuhan tidak meninggalkan seperti halnya penyertaan Tuhan terhadap Paulus yang menghadapi tuduhan tuduhan palsu di mahkamah agama dan ancaman pembunuhan. Tuhan menyatakan DiriNya untuk mengkuatkan iman Paulus. Dalam situasi stressnya Paulus dihibur: “Kuatkanlah hatimu.” Biarlah penghiburan dan kekuatan ini juga menjadi kekuatan bagi anda anda yang sedang mengalami stress karena berbagai persoalan berat, terlebih kalau itu dikarenakan persoalan iman kepada Kristus.