ORDO SALUTIS 3 D


TAFSIRAN TITUS 3 AYAT 5.
1.Dalam rangka tama diatas kita diperhadapkan dengan Titus 3:5 yang berbunyi sbb.: pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
Bagaimana kita harus mengartikan istilah permandian kelahiran kembali.

2.PENDAPAT PERTAMA
2.1.Diwakili oleh gereja gereja yang memahami bahwa baptisan membawa kelahiran baru. Istilah Bahasa Inggrisnya permandian kelahiran kembali adalah “baptismal regeneration”. Banyak Gereja gereja tradisional yang menganut ajaran ini .
2.1..Keberatan terhadap ajaran ini:
2.1.1.Dalam realita ditemui bahwa ada orang orang yang sudah dibaptis tetapi sama sekali tidak menunjukkan lahir baru( tidak ada buah buah dari hidup baru), ke gereja saja tidak, apalagi baca Alkitab dan berdoa.
2.1.2. Ajaran ini memberi “kuasa”kepada gereja sebagai agen keselamatan, karena melalui baptisannya dapat membawa kelahiran baru walaupun dikatakan itu sebagai pekerjaan Roh Kudus.

3.PENDAPAT KEDUA
3.1.Memahami bahwa Titus 3:5 permandian kelahiran kembali tidak merujuk kepada baptisan .
Pendapat ini antara lain dikemukakan oleh Pdt Dr.John Piper : “This is one reason why I do not think the “washing of regeneration” in verse 5 refers to baptism”. Lebih lanjut dia mengatakan :”bukan sunat, bukan juga baptisan yang menyebabkan kita lahir kembali”. Menurut Piper kelahiran kembali terjadi .karena kebaikan Allah semata, karena kemurahanNya yang bebas dan tidak tergantung dari tindakan manusia (baptis, sunat) atau pun perbuatan kebaikan manusia. Baru setelah kelahiran baru akan membuahkan kebaikan sebagai buah hidup baru.

3.2.Titus 3:5 permandian kelahiran kembali tidak menunjuk kepada baptisan. Istilah yang dipakai bukan baptisan . Secara harafian dapat diterjemahkan dengan “melalui mandi regenerasi.”
Istilah pencucian (loutron) digunakan hanya dua kali dalam PB (Ef 5:26 dan di sini). Ini jarang digunakan dalam Septuaginta. Ini bisa merujuk kepada 1. tempat mandi 2. air mandi 3. tindakan mandi
Dalam Imamat pembasuhan adalah simbol pembersihan atau pemurnian orang atau hal-hal (lihat Gulungan Laut Mati). Di Ef 5:26 mandi merujuk pada ritual mandi sebelum menikah.
Istilah “regenerasi” (palingenesia) ini juga merupakan istilah langka, hanya ditemukan di Mat 19:28 dan di sini. Ini adalah kata majemuk dari “lagi” (palin) dan “kelahiran” (genesis). Oleh karena itu, ini menunjuk pada kelahiran baru yang dihasilkan oleh karya paripurna Kristus dan dorongan Roh.
Titus 3:5 -permandian kelahiran kembali – permandian = Istilah pencucian (loutron) – ini bukan baptisan karena untuk baptisan seperti dalam Mat 28:19 dipakai istilah baptizontes

3.3.Titus 3:5 -permandian kelahiran kembali Bahasa Inggrisnya Washing Regenaration atau kemudian oleh gereja gereja tertentu dipakai istilah Baptismal Regenaration. Ini bukan baptisan seperti diuraikan dalam point 3.2. diatas. Lalu apa artinya kalau ditulis sebagai permandian atau washing regeneration? Ini adalah Spiritual Cleansing. Pembersihan Rohani. Roh Kudus yang mengerjakan kelahiran baru dan membawa pembaharuan rohani. Kapan terjadinya? Dapat sebelum baptisan, pada waktu baptisan ataupun setelah menjadi Kristen sekian lama. Disini hendak ditekankan bahwa kelahiran baru sebagai pekerjaan Roh Kudus bukan karena tindakan manusia (baptis, sunat dan amal ibadah lainnya) tetapi berdasarkan kemurahan anugerah Allah semata. Ini yang disebut juga Kasih Allah yang tidak bersyarat.

KESIMPULAN TITUS 3:5
ADA DUA PENDAPAT PERMANDIAN KELAHIRAN KEMBALI -TITUS 3:5:
1.Menunjuk kepada baptisan yang membawa kelahiran kembali oleh pekerjaan Roh Kudus. – Dianut oleh banyak gereja gereja tradisional
2.Tidak menunjuk kepada baptisan – ttp menafisrkan pembaharuan spiritual yang dikerjakan oleh Roh Kudus yang membawa kelahiran baru. Permandian (loutron = penyucian dan bukan baptisan (baptizo) dan pembaharuan menunjuk kepada pekerjaan Roh Kudus yang membaharui orang percaya

SUMBER :
https://en.wikipedia.org/wiki/Baptismal_regeneration .
https://www.desiringgod.org/messages/through-the-washing-of-regeneration
http://www.freebiblecommentary.org/pdf/ind/VOL09_indonesian.pdf

John 3:5 and Titus 3:5: Proofs for Baptismal Regeneration?